Jakarta (ANTARA) - Dua pembalap Yuki Tsunoda dan Daniel Ricciardo resmi memperpanjang kemitraan mereka bersama tim balap AlphaTauri untuk menghadapi Formula 1 musim 2024, dengan Liam Lawson akan memenuhi tugas sebagai pembalap cadangan.

“Tahun depan, sebagian besar peraturan teknis masih tidak berubah dan oleh karena itu masuk akal untuk menjaga kesinambungan susunan pembalap kami juga,” kata Pemimpin Tim AlphaTauri Franz Tost, dikutip dari laman resmi F1, Sabtu.

Tsunoda, yang melakukan debutnya untuk tim pada tahun 2021, disebut telah membuat tim terkesan dengan bakat, peningkatan performa, serta kemampuannya untuk bekerja sama dengan tim yang baik.

Pembalap Jepang itu akan ditemani oleh Ricciardo, yang saat ini harus menepi karena cedera patah tangan, namun juga membuat tim terkesan ketika ia melakoni GP Hungaria dan GP Belgia sebelum jeda musim panas.

Baca juga: Red Bull sebut Ricciardo tak berpeluang untuk ikuti GP Singapura

AlphaTauri mengatakan sikap pribadi dan pengalaman balap Ricciardo akan menjadi aset berharga di tahun 2024. Pembalap Australia itu pernah membalap untuk tim tersebut pada tahun 2012 dan 2013, serta mengamankan delapan kemenangan Grand Prix.

“Saya sangat senang dengan perkembangan yang ditunjukkan Yuki selama dua setengah tahun terakhir bersama tim kami. Dengan pengalaman luar biasa Daniel dalam memenangkan balapan, kami akan memiliki salah satu pasangan pembalap paling kompetitif di grid pada tahun 2024,” kata Tost.

Di sisi lain, Tsunoda mengaku sangat senang dirinya bertahan bersama AlphaTauri untuk musim mendatang.

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin di sisa musim ini dan seterusnya, untuk maju sebagai pembalap,” kata Tsunoda.

“Saya bersemangat untuk bisa berkendara bersama Yuki lagi tahun depan dan melanjutkan perjalanan bersama AlphaTauri. Mengikuti kemajuan yang telah kami buat dan rencana masa depan, ini adalah saat yang menyenangkan bagi tim,” ujar Ricciardo menambahkan.

Adapun Ricciardo melanjutkan perjuangannya untuk kembali bugar, sementara Lawson masih akan mengisi tempat kosong tersebut di beberapa Grand Prix musim ini.

“Baik Daniel dan Yuki tidak hanya menunjukkan keahlian balapan yang luar biasa tetapi juga merupakan duta global yang hebat untuk tim dan olahraga kami. Liam menempatkan dirinya dalam sorotan F1 hanya dalam tiga balapan dan saya sangat senang kami dapat terus mempersiapkan masa depannya,” kata CEO AlphaTauri Peter Bayer.

Baca juga: Nyck de Vries bersiap masuki musim rookie F1 dengan AlphaTauri
Baca juga: Tsunoda disambut bak pahlawan jelang Grand Prix Jepang


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023