Jakarta (ANTARA) - Area Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Sabtu ini dipenuhi para penggemar artis-artis agensi Korea Selatan SM Entertainment yang mengenakan batik beraneka ragam model dan warna selama perhelatan "SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @JAKARTA".
 
Arman asal Depok, Jawa Barat salah satu penggemar yang dimaksud. Pria yang mengidolakan Yuta dan Jaehyun dari grup idola K-pop NCT 127 itu mengenakan batik berwarna merah yang dibuat model vest dengan hoodie.
 
"Jadi enggak terlalu formal dan bisa juga batik tuh dipakai di acara santai bahkan konser," kata dia kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu.
 
Dia mengatakan promotor acara meminta para penonton mengenakan batik selama konser berlangsung. Menurut Arman, ini bisa menjadi ajang semakin memeriahkan acara sekaligus memperlihatkan batik pada para idola di SM dan bahkan orang-orang di luar negeri.

Baca juga: 1 Januari, SM Entertainment buat konser daring gratis

Baca juga: EXO, Super Junior hingga NCT akan gelar konser di Chili

 
"Kan diminta dresscode pakai batik sama promotor, jadi biar meriah konser SMTOWN ini. Selain biar dilihat sama idolnya, konser ini kan disiarkan juga di media sosial jadi biar batik juga ter-notice sampai ke luar negeri," ujar dia.
 
Arman kala itu datang bersama rekan-rekannya. Dia ingin menjadikan konser hari ini sebagai ajang nostalgia, mengingat konser SMTOWN sebelumnya di Indonesia yakni SMTOWN Live World Tour III berlangsung 11 tahun lalu atau tepatnya pada September 2012.
 
Batik juga dikenakan Juma asal Cilincing, Jakarta Utara yang memilih motif mega mendung berwarna merah muda. Menurut dia, merah muda mewakili warna SMTOWN.
 
"Harapannya pakai batik itu biar seru-seruan, lalu sebenarnya ini kan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korea Selatan, kayak kita ngasih tahu kita punya batik loh, Korea punya hanbok," kata dia.
 
Juma datang bersama kakak perempuannya tentu ingin melihat penampilan semua artis SM terutama Siwon Super Junior dan Park Ji-sung NCT.
 
Sementara itu, promotor Dyandra Global Edutainment melalui laman media sosialnya mengajak para penggemar tampil memukau sembari mengenakan batik saat menonton konser SMTOWN Jakarta. Mereka menuliskan, "Kenakan identitas budaya kita dengan bangga!".
 
Pesan para idola SM Entertainment
 
SMTOWN tahun ini di Jakarta yang juga disiarkan secara daring dihadiri duo idola TVXQ, grup idola K-pop Super Junior, Red Velvet, NCT 127, NCT DREAM, WayV, aespa serta grup idola pendatang baru RIIZE.
 
Para idola sempat menyapa penggemar di Indonesia dan mengajak menonton bersama, melalui pesan video mereka, salah satunya Super Junior.

Baca juga: Konser perdana SM Entertainment di Dubai dihadiri 15.000 penggemar
 
"Apa kabar we're Super Junior. E.L.F Indonesia aku rindu kalian semua. Kalian semua pasti kangen dengan kita, kan? Kami akan kembali lagi ke Jakarta untuk penggemar di Indonesia. Kami akan semaksimal mungkin menampilkan yang terbaik untuk kalian," ujar Super Junior melalui pesan video mereka.
 
Super Junior berharap banyak penggemar yang akan datang dan membuat kenangan indah bersama mereka. Di samping itu, sambung mereka, tahun ini juga menjadi semakin bermakna karena kita sekaligus merayakan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korea Selatan.
 
Grup idola lainnya, NCT Dream mengungkapkan akan memberikan pertunjukan terbaik untuk penggemar.
 
"Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pertunjukan yang paling membara. Datang ya, semuanya," kata mereka.
 
Di sisi lain, aespa yang mengaku senang saat mengadakan konser solo di Indonesia beberapa waktu lalu karena semangat dan antusiasme para penggemar di Indonesia yang luar biasa ingin mereka kembali datang untuk bersenang-senang bersama.
 
Sementara itu, grup idola K-pop pendatang baru RIIZE mengaku gugup sekaligus senang karena konser ini menjadi momen pertama mereka tampil di satu panggung yang sama dengan artis-artis SM.
 
"Kami gugup banget tetapi juga senang karena kami bakal tampil di satu panggung yang sama dengan artis-artis keren dari SM untuk pertama kalinya. Kami akan siapkan yang terbaik untuk memberikan penampilan yang memukau sesuai dengan harapan kalian," demikian kata mereka.
 
"SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @JAKARTA" dijadwalkan berlangsung pukul 18.30 WIB.

Baca juga: Konser SMTOWN kembali digelar Agustus

Baca juga: NCT 127 masuki tangga album musik "Top 40" Inggris

Baca juga: Konser virtual "SMTown Live" raih 35,8 juta penonton

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023