Jakarta (ANTARA) - Single "Metamorphosis" sukses mengerek unit djent metal asal Tangerang, Bless The Knights, masuk dalam nominasi pada ajang penghargaan tertinggi insan musik Tanah Air, Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) 2023 untuk kategori Artis Solo/Grup/Kolaborasi Metal Terbaik.

Melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, gitaris sekaligus motor utama Bless The Knights, Fritz Faraday, mengucap syukur karya grup band yang dia gagas sejak 2015 silam ini kembali mendapat apresiasi dari juri di AMI Awards.

"Sebelumnya, gue mau terima kasih dulu sama Tuhan Yesus dan semua pihak yang terlibat. Gue senang banget karena ini merupakan suatu pembuktian bahwa Bless the Knights masih diakui sebagai ikon dan pionir djent," tulis Fritz Faraday.

Baca juga: Lagu tema IBL masuk nominasi AMI Awards

Meski bukan kali pertama nama Bless The Knights masuk dalam jajaran nominasi AMI Awards, namun pencapaian ini menjadi yang paling membekas bagi Fritz.

"Ini pembuktian juga bahwa gue bisa bikin lagu enak, sekaligus 'sadis', di mana hal ini yang diragukan orang-orang selama ini. Senang banget lah gue. Puas dan bangga juga. Puji Tuhan!" ucap dia.
Single "Metamorphosis" milik Bless The Knights masuk dalam nominasi pada ajang penghargaan tertinggi insan musik Tanah Air, AMI Awards 2023 untuk kategori Artis Solo/Grup/Kolaborasi Metal Terbaik. (ANTARA/HO)


Pasalnya, lagu "Metamorphosis" yang dirilis pada 26 Mei 2023 ini merupakan pembuka era baru bagi perjalanan Bless The Knights di jagat musik usai vakum beberapa lama, baik dari segi musikalitas maupun para personelnya.

Formasi Cas Coldfire (clean vocal), Gilang Rammadhan (scream vocal) serta dilengkapi oleh Naufal yang duduk di belakang drum, dinilai sebagai bentuk terbaik Bless The Knights oleh Fritz.

"Buat gue ini sudah ketiga kalinya Bless The Knights masuk nominasi AMI Awards. Gue berharap kali ini bisa menang, enggak hanya sebagai penghias line up nominasi," tutur Fritz Faraday.

Single "Metamorphosis" sendiri merupakan salah satu lagu paling sukses dari Bless the Knights dengan pencapaian lebih dari 55.000 kali putar di Spotify dalam waktu singkat dan terus bertambah hingga hari ini.

Lagu tersebut juga berhasil masuk ke dalam playlist unggulan di Spotify seperti Cadas Bergema dan 7 playlist internasional lainnya, termasuk Superhero Routine, New Metalcore, Heavy Guitars, dan Djentington.

Di playlist internasional, single "Metamorphosis" milik Bless The Knights bersanding dengan karya-karya musik terbaru milik nama-nama besar djent dunia semisal Periphery, Monuments, Veil of Maya, dan lain-lain.

Selain itu, lagu ini juga menjadi viral dan masuk dalam pemberitaan di lebih dari 50 media musik, baik berbasis web, Instagram maupun TikTok.

Video klip single "Metamorphosis" milik Bless The Knights yang mengusung tema cyber punk juga menuai kesuksesan yang sama. Video musik yang digarap bersama Pelatar dan Paling Berisik tersebut telah ditonton lebih dari 12.000 kali di YouTube.

Baca juga: AMI Awards 2023 tambahkan 6 kategori baru, termasuk koplo dan orkestra

Baca juga: AMI Awards 2023 digelar di Jiexpo, berikut nominasinya

Baca juga: Kemendikbudristek: AMI Awards 2023 kuatkan ekosistem musik Nasional

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023