Jakarta (ANTARA) - Seniman musik dan komedian Raim Laode yang populer lewat lagu "Komang" berhasil mewujudkan impiannya dengan memboyong pulang dua piala bergengsi pada ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) ke-26.

"Piala yang saya pegang ini saya peruntukkan kepada seluruh orang miskin yang ada pesisir Wakatobi. Saya persembahkan kepada seluruh orang miskin di pesisir seperti saya di seluruh penjuru Indonesia, silakan bermimpi. Tidak ada yang tidak mungkin. Mimpi itu gratis, silakan ambil yang paling mahal," tutur Raim saat menerima piala "Pencipta Lagu Pop Terbaik" AMI Awards ke-26 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (8/11).

Raim Laode merengkuh dua penghargaan pada ajang AMI Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Pada kesempatan tersebut, Raim beroleh piala untuk kategori "Pencipta Lagu Pop Terbaik" dan "Artis Solo Pria Pop Terbaik".

Baca juga: AMI Awards 2023 tambahkan 6 kategori baru, termasuk koplo dan orkestra

Pada kategori pertama, lagu "Komang" karya Raim berhasil mengungguli nomine lain di antaranya Andmesh Kamaleng-Mahalini-Mohammed Kamga "Sial", Anindyo Baskoro-Arya Aditya Ramadhya-Ilman Ibrahim Isa "Badai Telah Berlalu", Dewa Lestari "Nyaman Tak Cukup", dan Mario G. Klau "Tak Segampang Itu".

Sementara pada kategori kedua yaitu "Artis Solo Pria Pop Terbaik", Raim dan "Komang"-nya sukses menaklukkan para nomine lain seperti "Andaikan Kau Datang" Andmesh, "Kemarin" Pamungkas, "Tak Pernah Cukup" Stevan Pasaribu, dan "Saat Kau Telah Mengerti" Virgoun.

Dalam sesi pidatonya, Raim mengakui bahwa meski lagu "Komang" sudah kerap meramaikan berbagai acara penghargaan di seluruh Indonesia, namun dirinya tidak pernah menginginkan untuk hadir dalam seremonial penghargaan semacam itu.

"Sebab saya tahu 'Komang' tidak akan menang. Saya tidak mau datang ke acara penghargaan yang membunuh mimpi orang-orang seperti saya. Apabila piala yang saya pegang ini belum cukup untuk buktikan kepada orang-orang Wakatobi bahwa tidak ada yang tidak mungkin, maka tahun depan saya harus menang lagi," tegas Raim sebelum turun dari panggung.

Tak berapa lama usai pemberian penghargaan beberapa kategori termasuk penampilan perempuan penyanyi Isyana Sarasvati, Raim kembali didaulat untuk naik ke atas panggung karena berhasil menjadi yang terbaik pada kategori "Artis Solo Pria Pop Terbaik" AMI Awards 2023.

Pada pidatonya yang kedua, Raim memberikan penghargaan tertinggi untuk sosok orang tua yang telah mendukung setiap langkahnya.

"Ada empat orang yang mau saya ucapkan terima kasih. Pertama ibu saya, kedua ibu saya, ketiga ibu saya, dan keempat almarhum bapak saya. Tidak ada suksesnya anakmu tanpa restumu. Terima kasih. Sampai ketemu tahun depan!" tutup dia seraya berlalu dari atas panggung.

Baca juga: Diskoria-Laleilmanino-BCL raih "Karya Produksi Terbaik Terbaik"

Baca juga: Aruma sabet "Pendatang Baru Terbaik Terbaik" AMI Awards 2023

Baca juga: AMI Awards berikan penghargaan khusus bagi tiga sosok di balik rekaman

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023