Hampir seluruh area di Gorontalo ini dipenuhi tanaman kelapa. Kita lihat saat ini banyak orang yang membutuhkan kelapa
Kabupaten Gorontalo (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa membuka Konferensi Internasional Kelapa atau  Internasional Conference Coconut   di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Sabtu.

Melalui konferensi yang merupakan bagian dari World Coconut Day (WCD) itu, Suharso menyampaikan harapan dan wawasan terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia di masa depan, khususnya di Provinsi Gorontalo dengan diselenggarakannya WCD tahun 2023.

"Hampir seluruh area di Gorontalo ini dipenuhi tanaman kelapa. Kita lihat saat ini banyak orang yang membutuhkan kelapa," ucap Suharso.

Baca juga: Bappebti terapkan sistem peringkat untuk pialang berjangka komoditi

Menurut dia, tanaman kelapa inilah salah satu komoditas yang bisa mengatasi krisis alam dunia agar tidak kehilangan biodiversitas.

"Ini alasan saya berkenan hadir di acara WCD ini," ujar Suharso.

Kepala Bappenas RI itu menjelaskan, berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan RI  komoditi unggulan di Indonesia masih dipegang minyak kelapa sawit, disusul oleh komoditi karet dan kelapa berada pada posisi ketiga.

Hal itu diyakini masa depan industri kelapa di Indonesia akan terus berkembang. Oleh sebab itu, Provinsi Gorontalo, khususnya Kabupaten Gorontalo diharapkan dapat terus mengangkat pamor kelapa untuk masa depan.

Baca juga: Bappebti nilai Indonesia bisa pimpin pengembangan 'blockchain' global

"Pemerintah saat ini sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 menuju Indonesia Emas. Pada Indonesia emas mendatang kita harus meyakini masa depan kelapa di Indonesia juga akan cerah," kata dia.

Di tempat yang sama Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo sebagai tuan rumah menyebut, pelaksanaan Internasional Conference Coconut ini diharapkan bisa menambah nilai investasi kelapa. Juga diharapkan dapat menambah semangat membangun kelapa dan membantu para petani untuk terus berkembang.

"Acara kami ini sudah berlangsung selama tiga hari, kami berharap semua delegasi menikmati selama berada di sini, dan bisa menikmati Gorontalo dan meninggalkan yang terbaik untuk kita semua. Demi kejayaan kelapa di dunia dan kejayaan kelapa di Indonesia yang kita cintai ini," tutur Nelson.

Baca juga: Aplikasi Pintu kembangkan fitur edukasi investasi aset kripto

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023