Yogyakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Udara (RSPAU) Dr. Suhardi Hardjolukito di Jalan Raya Janti, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar bakti kesehatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI.

"Kami sangat berterima kasih dapat berkontribusi dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, yang menjadi salah satu pilar utama dalam menjaga kesejahteraan dan stabilitas negara," kata Kepala RSPAU Hardjolukito Marsma TNI Roikhan Harowi dalam sambutannya di Gedung Siaga Bencana RSPAU Hardjolukito, Minggu.

Baca juga: KSAU resmikan pemanfaatan gedung Radioterapi di RSPAU Hardjolukito

Menurut dia, kegiatan ini tidak hanya menjadi suatu perayaan, tetapi juga merupakan bentuk nyata dari kolaborasi dan sinergi antara tiga Matra, yaitu TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Darat, dan TNI Angkatan Laut.

"Kolaborasi ini menggambarkan kesatuan dan keseragaman dalam semangat pengabdian kepada bangsa dan negara sekaligus mencerminkan komitmen TNI dalam melindungi dan memperkuat fondasi demokrasi di Indonesia," katanya.

Sejalan dengan tema HUT ke-78 TNI tahun ini, yaitu "TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju", RSPAU berkomitmen menjalankan bakti kesehatan dengan penuh dedikasi dan profesionalisme, dengan menyiapkan tim medis terbaik, fasilitas memadai, dan berbagai layanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

"Tentunya apa yang kita lakukan sekarang ini baru sebentuk kecil dari apa yang seharusnya dapat diberikan kepada masyarakat. Untuk itu, bakti kesehatan ini bukan tujuan, melainkan sebagai media untuk membangun semangat keberpihakan TNI terhadap masyarakat," katanya.

Kepala RSPAU Hardjolukito mengatakan dengan kegiatan ini akan terjalin hubungan harmonis antara TNI dan masyarakat, memberi manfaat kepada seluruh masyarakat dan prajurit TNI pada khususnya, dalam menumbuhkan semangat rasa solidaritas dan jiwa gotong royong, bahwa TNI adalah bagian dari masyarakat.

Baca juga: RSPAU Hardjolukito-BPJS Kesehatan jalin kerja sama layanan radioterapi

Baca juga: RSPAU Hardjolukito Yogyakarta bersiap menuju pelayanan bintang lima


"Mari bersama-sama merayakan HUT ke-78 TNI dengan semangat dan kebanggaan, seraya terus memegang teguh nilai-nilai demokrasi, persatuan dan keadilan yang menjadi landasan negara kita. Semoga Indonesia terus maju dan berkembang di bawah pengawalan yang kuat dari TNI patriot NKRI," katanya.

Bakti kesehatan RSPAU Hardjolukito tersebut, antara lain berupa donor darah bagi keluarga besar TNI AU, TNI AD, dan TNI AL, kemudian pengobatan operasi katarak, sunatan massal, pemeriksaan gigi, dan pemberian sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023