Jakarta (ANTARA) -
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap peta jalan Indonesia Emas 2045 yang sudah diserahkan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia kepada Presiden Joko Widodo bisa menjadi panduan pembangunan untuk melengkapi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

"Peta Jalan Indonesia Emas 2045 merupakan persembahan Kadin Indonesia kepada bangsa. Dengan peta jalan ini, diharapkan segala inisiatif yang mengarah pada rencana pembangunan nasional untuk mencapai Visi Indonesia Emas 2045 bisa terwujud," kata Bamsoet, sapaan akrabnya, usai kegiatan Fun Walk 5,5 Km di komplek Stadion GBK, Jakarta, Minggu, dalam rangka memperingati HUT ke-55 Kadin Indonesia.

Ia menjelaskan peta jalan Indonesia Emas 2045 itu disusun secara inklusif dan kolaboratif oleh Kadin Indonesia di bawah kepemimpinan Ketua Umum Arsjad Rasjid.

"Kadin Indonesia di bawah kepemimpinan Ketua Umum Arsjad Rasjid telah menyerahkan peta jalan (roadmap) Indonesia Emas 2045 kepada Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Jumat (22/9)," katanya.

Baca juga: Jokowi terima buku Peta Jalan Indonesia Emas 2045 dari Kadin

Bamsoet yang juga Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kadin Indonesia menambahkan penyusunan peta jalan itu dibuat berlandaskan pada empat aspek prioritas.

Aspek pertama, meningkatkan ketahanan pangan dan kesehatan, dengan memajukan pelayanan kesehatan dan pangan.

Kedua, aspek kesejahteraan yang tidak hanya menyangkut produk domestik bruto (PDB), tetapi juga masyarakat dengan penghasilan yang tinggi dan kehidupan yang layak. Aspek ini bisa dipenuhi salah satunya melalui hilirisasi industri dan digitalisasi UMKM.

"Ketiga, aspek inklusivitas yang menitikberatkan pada kesetaraan gender dan pemberdayaan populasi rentan. Mengingat seluruh masyarakat memiliki hak yang sama untuk mengakses kebutuhan dasar," jelasnya.

Baca juga: Kadin: Transportasi merupakan tulang punggung ekonomi nasional

Kemudian aspek keempat, aspek keberlanjutan, yaitu mencapai target dekarbonisasi dengan tetap memperhatikan dan menjaga keberlangsungan lingkungan.

Kadin Indonesia mengisi rangkaian HUT ke-55 mengajak masyarakat berolahraga melalui kegiatan lomba jalan sehat sejauh 5,5 kilometer.

Bamsoet mewakili Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid membuka dan melepas ribuan peserta lomba yang berasal dari jajaran Kadin pusat dan daerah seluruh Indonesia asosiasi/himpunan/gabungan anggota Kadin, serta masyarakat umum.

Kegiatan itu juga dimeriahkan hiburan dari para artis dan musisi, pembagian hadiah, serta bazar UMKM sebagai bentuk dukungan Kadin terhadap pengembangan UMKM nasional.

Tidak hanya di Jakarta, acara serupa juga diselenggarakan serentak oleh para pengurus KADIN di setiap daerah.

"Kegiatan ini sebagai wujud kontribusi Kadin dalam menggerakkan perekonomian nasional serta menggerakkan masyarakat untuk gemar berolahraga dan hidup sehat. Sekaligus untuk semakin mendekatkan Kadin dengan masyarakat," ujar Bamsoet.

Baca juga: Kadin China dan Indonesia Jajal Kereta Cepat
Baca juga: Kadin sebut kolaborasi jadi kunci pertumbuhan ekonomi inklusif
Baca juga: Kadin proyeksi Indonesia berpenghasilan tinggi pada 2038

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023