Hangzhou (ANTARA) - Tim nasional Indonesia U-24 dipastikan lolos ke fase 16 besar Asian Games 2022 dengan menjadi tim peringkat ketiga terbaik.

Pasukan Indra Sjafrie mengakhiri fase grup dengan menduduki posisi ketiga Grup F dengan koleksi tiga poin. Dalam perjalanannya, timnas Indonesia mencatatkan kemenangan 2-0 atas Kirgistan, kalah 0-1 dari Taiwan, dan kalah 0-1 dari Korea Utara.

Perubahan posisi di klasemen Grup F terjadi karena Kirgistan mampu menang 4-1 atas Taiwan pada pertandingan terakhirnya. Dengan demikian, baik Kirgistan, Taiwan, dan Indonesia sama-sama mengoleksi tiga poin.

Kirgistan dan Indonesia berhak menduduki posisi kedua dan ketiga karena sama-sama memiliki produktivitas gol dan selisih gol yang lebih baik dari Taiwan. Kirgistan memiliki catatan memasukkan-kemasukan 4-4 dan selisih gol nol, sedangkan Indonesia memiliki catatan memasukkan-kemasukan 2-2 dan selisih gol nol.

Taiwan berada di posisi keempat karena memiliki catatan memasukkan-kemasukan 2-6 dan selisih gol minus empat.

Koleksi gol Kirgistan itu juga membuat mereka berhak menduduki posisi kedua dan memastikan menemani Korea Utara melaju ke 16 besar.

Dalam persaingan untuk lolos ke 16 besar, Indonesia diadu dengan sesama tim peringkat ketiga lainnya, yakni Qatar dari Grup D, Thailand dari Grup E, Vietnam dari Grup B, dan Myanmar dari Grup A.

Baca juga: Timnas U-24 kalah 0-1 dari Korut, tapi berpeluang lolos ke fase gugur

Jumlah peserta tiap-tiap grup pada kompetisi sepak bola Asian Games kali ini tidak sama, sebab terdapat grup yang terdiri dari dua tim, tiga tim, dan empat tim. Grup C tidak dapat bersaing meraih tiket dengan status tim peringkat ketiga terbaik karena hanya berisi dua tim.

Untuk membuat persaingan menjadi adil, maka hasil-hasil pertandingan melawan tim-tim peringkat keempat tidak dihitung. Hal itu menguntungkan Indonesia, sebab kekalahan 0-1 yang diderita dari Taiwan menjadi tidak dihitung.

Dengan demikian, Indonesia menduduki posisi pertama di klasemen mini tersebut diikuti Qatar dengan satu poin, Thailand dengan satu poin, Vietnam dengan nol poin, dan Myanmar dengan nol poin.

Baca juga: Pelatih Indra berpeluang panggil pemain jika timnas lolos 16 besar
Baca juga: Klasemen medali Asian Games 2022: Indonesia berada di peringkat enam


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023