Jakarta (ANTARA) - Pelatih Newcastle United Eddie Howe mengaku sangat puas atas kemenangan telak 8-0 dari Sheffield United dalam lanjutan Liga Inggris 2023/2024 di Bramall Lane, Minggu.

Howe puas karena kemenangan delapan gol tanpa balas timnya dicetak oleh delapan pemain berbeda, Sean Longstaff (21’), Dan Burn (31’), Sven Botman (35’), Callum Wilson (56’), Anthony Gordon (61’), Miguel Almiron (68’), Bruno Guimaraes (73’), dan Alexander Isak (87’).

Delapan gol yang disarangkan Newcastle juga lahir dari skema yang berbeda-beda mulai dari set piece, serangan balik, situasi lemparan ke dalam, umpan crossing, hingga memanfaatkan kesalahan pemain lawan.

“Itu penting karena kami memerlukan gol dari semua sumber. Seperti yang telah kami bahas mengenai permainan bola mati, kami memerlukan jenis gol yang berbeda dari fase permainan yang berbeda,” ucap Howe, dilansir dari laman resmi klub, Senin.

Baca juga: Howe sebut imbang lawan Milan jadi pijakan timnya untuk berkembang

“Dan saya pikir kami tampil sangat, sangat bagus di setiap fase hari ini, melakukan serangan balik, membangun pertahanan yang dalam,” tambahnya.

Kemenangan 8-0 menjadi kemenangan terbesar yang diperoleh The Magpies di Liga Inggris, menyamai kemenangan dengan skor yang sama pada 1991 di bawah era pelatih Sir Bobby Robson ketika mengalahkan Sheffield Wednesday.

Kemenangan besar ini, kata Howe, membuat kepercayaan diri pemainnya telah kembali setelah dalam lima laga terakhir tidak memetik kemenangan.

“Anda dapat melihat kepercayaan diri kembali ke seluruh pemain setelah kami mencetak beberapa gol dan pertandingan usai,” ucap Howe.

Lebih lanjut, pelatih berusia 45 tahun itu berharap timnya kembali mendapatkan kemenangan dengan skor telak pada laga-laga selanjutnya.

“Mudah-mudahan kami tidak menggunakan semuanya dalam satu pertandingan. Semoga masih banyak lagi yang akan datang,” ucap Howe.

Atas kemenangan ini, Newcastle naik ke peringkat kedelapan klasemen sementara dengan sembilan poin, mempunyai poin yang sama dengan Manchester United di posisi kesembilan yang kalah dalam hal selisih gol.

Newcastle akan melakoni laga Liga Inggris selanjutnya ketika menghadapi Burnley pada Sabtu (30/9) pukul 21.00 WIB.

Baca juga: Pioli kecewa timnya gagal manfaatkan peluang emas saat lawan Newcastle

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023