Pembangunan berkelanjutan harus diimplementasikan menjadi program dan proyek nyata yang dijalankan di negara ini
Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bekerja sama dengan Kamar Dagang Swiss Indonesia (SwissCham) resmi meluncurkan "Indonesia Sustainability 4.0 Network" di Menara Kadin Jakarta pada Selasa.

"Indonesia Sustainability 4.0 Network" menghadirkan program komprehensif dan berkesinambungan termasuk program pendidikan, pelatihan dan lokakarya; kolaborasi proyek; serta business needs matching.

"Kami sepakat bahwa mempromosikan pembangunan keberlanjutan tanpa melakukan aksi nyata hanya menjadi slogan semata. Pembangunan berkelanjutan harus diimplementasikan menjadi program dan proyek nyata yang dijalankan di negara ini," kata Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Radjid dalam sambutannya yang disampaikan melalui video singkat saat acara peresmian.

Sebanyak 90 perusahaan dan usaha kecil dan menengah telah memberikan dukungan dan komitmen terhadap Indonesia Sustainability 4.0 Network dengan ikut berpartisipasi dalam penandatanganan ikrar inisiatif tersebut.

Inisiasi jejaring itu juga memfasilitasi kegiatan dan inisiatif terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) termasuk melalui berbagai program penghargaan, berbagi pengetahuan, acara jejaring dan proyek kolaboratif.

Baca juga: Pastika: Bali berpeluang menjadi pusat keuangan dunia berkelanjutan

Baca juga: Kadin: Transportasi merupakan tulang punggung ekonomi nasional


Hasil dari kegiatan-kegiatan itu akan terwujud melalui bentuk kerja sama pada empat bidang utama antara lain mempromosikan pemimpin perempuan dalam pembangunan keberlanjutan (SDG poin 5), meningkatkan akses terhadap air bersih (SDG poin 6).

Kemudian memajukan transisi energi bersih dan mencapai emisi nol karbon (SDG poin 7), serta mengurangi dan menggunakan kembali plastik (SDG poin 12).

Sementara itu sebagai Head of Sustainability & Innovation SwissCham, Christophe Piganiol menjelaskan konsep pembentukan Indonesia Sustainability 4.0 Network berakar pada komitmen kuat dari penyelenggaraan B20 Sustainability 4.0 Awards tahun 2022.

Christophe berharap Indonesia Sustainability 4.0 Network dapat menjembatani kesenjangan antara pelaku UKM dan pelaku sektor korporasi serta dapat memberikan dampak signifikan terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

"Dengan platform ini, kami berharap dapat menjembatani kesenjangan tersebut dan menciptakan dampak yang lebih signifikan,” ujarnya.

Baca juga: Kadin: Target penguatan logistik perlu diikuti kecepatan pengiriman

Baca juga: Kadin sebut kolaborasi jadi kunci pertumbuhan ekonomi inklusif

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023