Tempat di mana gagasan-gagasan cemerlang dapat berkembang
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi DKI Jakarta Atika Nur Rahmania mengatakan bahwa penyelenggaraan Jakarta Innovation Days (JID) 2023 selama 25-27 September membuktikan Jakarta sebagai kota global yang memiliki ruang untuk menghasilkan ragam inovasi.

"Tempat di mana gagasan-gagasan cemerlang dapat berkembang dan memberikan dampak positif bagi warga Jakarta dan Indonesia," kata Atika saat menutup JID 2023 di Balai kota, Rabu.

Atika menjelaskan penyelenggaraan JID merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam mendukung kemitraan dan inovasi untuk kemajuan kota. Selain itu, kata dia, JID menjadi wadah memperkenalkan berbagai inisiatif Pemprov DKI dalam mewujudkan Jakarta sebagai kota global yang berkelanjutan.

Ia mengatakan bahwa selama penyelenggaraan JID telah menyaksikan beragam ide brilian, proyek inovatif, dan solusi kreatif yang lahir dari sektor publik, swasta, perusahaan rintisan, akademisi, dan masyarakat umum. Namun demikian, kata dia, inovasi tersebut bukanlah akhir, tetapi merupakan alat perantara untuk menciptakan transformasi positif dalam berbagai aspek kehidupan di Jakarta.

"Selanjutnya, mari kita pastikan bahwa inovasi dan ide cemerlang yang ada di JID dapat semakin dikembangkan dengan sukses, dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Jakarta, Indonesia, dan dunia," ujarnya.

Di sisi lain, ia mengajak seluruh pihak untuk terus bersinergi, berbagi ide, dan secara bersama-sama berupaya mewujudkan Jakarta yang lebih baik maupun berkelanjutan. Selain itu, dia berharap bahwa inovasi yang telah ada dapat direplikasikan di kota lain di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta Karyatin Subiantoro berharap JID dapat menginspirasi masyarakat dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sehingga melahirkan gagasan maupun ide yang mampu membangkitkan sektor UMKM. Selain itu, dia mengingatkan agar JID tidak sekadar seremonial saja.

"Harapan saya, ditindaklanjuti SKPD-SKPD terkait untuk bisa lebih turun ke masyarakat bersama anggota legislatif. Tentu kami anggota legislatif juga yang langsung bersentuhan dengan masyarakat ini menerima keluhan, menerima curhatan, juga harapan, bisa gayung bersambut oleh Pemprov melalui SKPD yang ada," kata Karyatin saat dihubungi ANTARA, Rabu.

Adapun beberapa inovasi yang menjadi pemenang di antaranya adalah:

Daftar Pemenang Inovasi oleh Organisasi Perangkat Daerah Pemprov DKI Jakarta
1. Dinas Kesehatan (Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru) - Optimalisasi Kinerja UKGS dengan Sistem Kolaborasi SENYUMIN, Aplikasi Berbasis Kecerdasan Artifisial
2. Dinas Lingkungan Hidup - Si Selang Biru Jaya (Sistem Uji Emisi Langit Biru Jakarta Raya)
3. Dinas PPKUKM - Jakarta Entrepreneur (Jakpreneur)

Daftar Pemenang Inovasi oleh Masyarakat
1. Dewi Oktaviani/Jakarta Selatan - Posyandu Remaja Disabilitas
2. Mahariah/Kepulauan Seribu - Pulauku NOL Sampah
3. Niken Ayu Respati/Jakarta Barat - Kompor Batik Listrik.

Baca juga: "Posyandu Remaja Disabilitas" juara pertama di JID 2023

Baca juga: DPMPTSP DKI suguhkan dongeng soal perizinan di Jakarta Innovation Days

Baca juga: Jakarta Innovation Day pamerkan konversi motor listrik karya siswa SMK

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023