Hangzhou (ANTARA) -
Atlet wushu Indonesia Samuel Marbun berhasil lolos ke final sanda 65kg putra, setelah memenangi semifinal pada Rabu malam.

Pada pertandingan yang digelar di Xiaoshan Guali Sports Centre, Hangzhou, tersebut, Samuel yang tampil agresif sejak awal sukses menundukkan atlet Filipina Clemente Tabugara Jr dengan kemenangan 2-0.

Saat ditemui, Samuel mengungkapkan bahwa penampilan agresifnya itu memang disengaja untuk memperlihatkan kekuatan yang mampu disodorkan petarung Indonesia.

"Karena kita ingin membuktikan bahwa Indonesia itu harus diwaspadai. Tidak disepelekan. Jadi kita harus benar-benar fight agar kita dikenal," kata Samuel saat ditemui di mixed zone.

Baca juga: Wushu tambah koleksi medali Indonesia melalui perunggu Seraf Naro

Samuel pun menyatakan bahwa dirinya sama sekali tidak merasa grogi atau tertekan sebelum naik ke arena bertarung.

"(Grogi) Itu sih biasanya terjadi pas awal-awal tanding, seperti di penyisihan. Kalau sudah main sekali gak ada lagi," tutur peraih medali perak SEA Games 2023 itu.

Pada pertandingan final yang berlangsung Kamis (28/9), Samuel akan berhadapan dengan atlet Iran Afshin Salimi Toupghara.

Atlet asal Sumatera Utara itu pun menyatakan optimismenya untuk dapat menampilkan yang terbaik pada final.

"Harus yakin. Yang utama harus yakin," tegasnya.

Seandainya kalah pada pertandingan final, Samuel masih akan mendapatkan medali perak. Hal itu merupakan pencapaian yang sangat positif.

Baca juga: Saling dukung di kalangan atlet wushu berbuah perunggu bagi Seraf Naro
Baca juga: Nandhira nilai kegagalan raih medali karena lompatan lawan lebih baik

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023