Jakarta (ANTARA) - Timnas Bola Basket Putra yang mendapatkan lawan-lawan tangguh di Grup D pada Asian Games 2022 Hangzhou sangat penting untuk menjadi pembelajaran bagi para pemain.

Menurut Manajer Timnas Bola Basket Putra Jeremy Imanuel Santoso, bermain menghadapi tim-tim besar seperti Korea Selatan dan Jepang akan memberikan pengalaman bagi pebasket Tanah Air agar bisa berkembang.

"Saya rasa hal positif yang bisa kita ambil di mana pemain-pemain kita mendapatkan pengalaman langsung bermain di level tertinggi di Asia," kata Jeremy dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Timnas Basket Indonesia satu grup bersama dengan Korea Selatan, Jepang, dan Qatar. Pada Selasa, Indonesia kalah dari Korea Selatan dengan selisih mencapai 40 poin, yaitu 95-55. Timnas Basket Indonesia yang berada di peringkat 74 dunia itu harus berhadapan dengan Korea Selatan yang berada di posisi 51 dunia.

Baca juga: Timnas basket putra Indonesia takluk 55-95 dari Korea Selatan
Baca juga: Timnas basket alihkan fokus ke laga melawan Jepang


Sedangkan pada Kamis, Timnas Basket Indonesia akan berhadapan dengan Jepang yang juga merupakan tim kuat di Asia. Jepang baru saja menyelesaikan Piala Dunia FIBA 2023 sebagai tim terbaik dari Asia yang menghadiahkan mereka tiket Olimpiade Paris 2024.

Jeremy menyebutkan skuad Timnas Basket Indonesia untuk Asian Games 2022 ini sedikit berbeda dengan komposisi pemain pada kompetisi-kompetisi sebelumnya. Beberapa pemain senior mengalami cedera sehingga menjadi kesempatan bagi pemain lain yang baru pertama kali masuk ke dalam timnas.

"Tim kita kali ini dengan komposisi seperti ini juga baru pertama kali mereka bermain bersama di ajang internasional, jadi kita juga menyesuaikan perjalanan di grup Asian Games ini game by game," kata Jeremy.

Dia mengatakan Timnas Basket Putra akan menjadikan kekalahan melawan Korea Selatan menjadi pelajaran pada gim kedua dan ketiga agar tidak terulang kembali.

Timnas Basket Putra Indonesia kini berada di posisi terakhir Grup D sebagai tim yang memiliki defisit poin paling besar. Pada peringkat pertama terdapat Korea Selatan, posisi dua Jepang yang mengalahkan Qatar. Qatar yang juga menelan kekalahan berada di posisi tiga lantaran memiliki defisit poin yang lebih sedikit dengan Indonesia.

Indonesia selanjutnya akan melawan Jepang dalam laga lanjutan Grup D pada Kamis (28/9), dan akan melawan Qatar hari Sabtu (30/9).

Baca juga: Offensive rebound jadi evaluasi timnas basket di laga selanjutnya
Baca juga: Rentetan 11 kemenangan Timnas Basket Putri terhenti di tangan India

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023