Jakarta (ANTARA) - Udara bersih dalam ruangan sangat penting bagi kesehatan, sehingga penting untuk menjaga dan meningkatkan kualitas udara agar tetap baik dan aman saat dihirup oleh orang-orang di dalamnya.

IKEA melalui keterangan persnya, Kamis, berbagi beberapa kiat untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Pertama, gunakan alat pemurni udara atau air purifier. Dengan adanya polusi udara, tak ada salahnya mencoba menggunakan pemurni udara atau air purifier untuk menyaring kotoran debu, polusi, asap, dan partikel polutan lainnya.

Beberapa jenama pemurni udara yang dapat dipilih, antara lain UPPÅTVIND yang mampu menyaring partikel polutan berukuran lebih kecil dari 2,5 mikrometer, FÖRNUFTIG yang mampu memurnikan udara dari paparan partikel gas formaldehida, dan STARKVIND yang menggabungkan teknologi dengan perabot rumah tangga untuk menghemat ruang.

Baca juga: Sharp luncurkan "dehumidifier" dengan teknologi plasmacluster

Kedua, pantau kualitas udara dengan sensor udara untuk mengetahui apakah udara masih bersih atau kotor. Gunakan fitur sensor yang ada dalam alat pemurni udara untuk mengetahui kualitas udara secara real-time.

Ketiga, pilih perabot dan tekstil rendah polusi. Perabot dan tekstil umumnya dapat menghasilkan zat polutan yang akan mengurangi kualitas udara di dalam ruangan.

Oleh sebab itu, pastikan untuk menggunakan perabot dan tekstil dengan kadar polusi rendah dan usahakan untuk rutin membersihkan perabotan di dalam ruangan. Jangan lupa untuk memvakum bahan tekstil dengan alat penyedot debu di tempat yang biasa digunakan untuk beraktivitas bersama, seperti karpet, seprai, dan sofa.

Baca juga: GDPS adopsi teknologi pesawat hadirkan inovasi udara sehat

Keempat, minimalkan kadar asap di dalam rumah atau di dalam ruangan. Jaga agar tempat beraktivitas di dalam ruangan bebas dari asap dan usahakan kegiatan yang menghasilkan asap, seperti merokok, barbekyu, dan lainnya dilakukan di luar ruangan agar asap tidak memenuhi ruangan.

Untuk kegiatan memasak, sebaiknya gunakan cooker hood atau kap pengisap asap yang langsung menyedot asap dengan efektif di dapur rumah.

Terakhir, maksimalkan ventilasi udara. Kualitas udara yang bersih dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi penghuninya. Oleh karena itu, sirkulasi udara yang baik di rumah sangat diperlukan dengan cara membuka jendela dan pintu sesekali saat tingkat polusi udara di luar cukup rendah.

Baca juga: Pentingnya jaga kebersihan udara meski di rumah saja

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023