Kerja sama ini juga bertujuan untuk mendukung gerakan pembayaran nontunai (cashless) yang digalakkan oleh pemerintah dan Bank Indonesia (BI),
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) yang bertujuan agar nasabah dapat melakukan isi ulang (top up) di kartu uang elektronik BNI TapCash melalui aplikasi Muamalat DIN.

“Kerja sama ini juga bertujuan untuk mendukung gerakan pembayaran nontunai (cashless) yang digalakkan oleh pemerintah dan Bank Indonesia (BI),” ujar Direktur Operasi dan Digital Bank Muamalat Wahyu Avianto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Wahyu menyebut Muamalat DIN akan terus bertransformasi menuju seamless banking dengan dukungan smart operation dan kehandalan sistem, untuk melengkapi pengalaman bertransaksi perbankan dengan lebih cepat dan mudah bagi nasabah.

Baca juga: Kredit BNI tumbuh 8,8 persen jadi Rp658 triliun di Agustus 2023

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Digital & Integrated Transaction Banking BNI Corina Leyla Karnalies berharap kerja sama ini akan semakin melengkapi pelayanan yang diterima oleh masyarakat, baik nasabah BNI TapCash maupun pengguna Muamalat DIN.

"Dengan ini, masyarakat tidak perlu khawatir jika saldo TapCash-nya kurang atau habis karena TapCash sudah bisa di top-up melalui aplikasi Muamalat DIN,” ujar Corina.

Tahapan untuk pengisian saldo BNI TapCash via Muamalat DIN, yaitu, pertama, nasabah login di Muamalat DIN, kedua, mengakses menu Beli/Bayar dan pilih menu TapCash, ketiga, menempelkan kartu di bagian belakang smartphone yang memiliki fitur Near Field Communication (NFC) atau mengisi kolom nomor kartu untuk smartphone tanpa NFC.

Keempat, menekan tombol Top Up Saldo dan pilih nominal yang akan diisi, kelima, konfirmasi TIN, serta keenam, tempelkan kembali kartu di belakang smartphone dan saldo akan ter-update.

Baca juga: Bank Muamalat catatkan rekor aset sepanjang sejarah

Kartu TapCash dapat digunakan untuk pembayaran transportasi umum seperti Commuterline, TransJakarta, MRT, LRT, Railink, kapal penyeberangan, pembayaran tol dan parkir, hingga transaksi di berbagai toko ritel BNI seperti restoran, bioskop, serta mini market.

Sebelumnya, Kartu TapCash hanya dapat diisi ulang melalui channel BNI, seperti BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, ATM BNI, Agen46, hingga e-Commerce dan toko ritel seperti mini market.

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023