Kepala sekolah perlu meningkatkan kualitas ilmu sebagai pemimpin, meningkatkan manajemen lingkungan sekolah dan situasi kondisi
Surabaya (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Aries Agung Paewai meminta kepala sekolah SMA di wilayah setempat untuk memperbaiki manajemen dan perencanaan agar sesuai dengan kemampuan dan keuangan sekolah.
 
"Buat strategi perencanaan sehingga bisa merencanakan alokasi untuk dana BOS (bantuan operasional sekolah) (Ban dan BPOPP (biaya penunjang operasional penyelenggaraan pendidikan) yang didapat dalam setahun," kata Aries usai Rapat Koordinasi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA se-Jawa Timur, di Kota Batu, Jumat.

Baca juga: Hakim MK motivasi mahasiswa rencanakan masa depan saat kuliah
 
Aries meminta kepala sekolah untuk membuat perencanaan matang setahun sebelumnya. Jangan buat perencanaan itu akhir tahun untuk tahun berikutnya agar kepala sekolah akan kewalahan.
 
Oleh sebab itu, kata Aries, kepala sekolah perlu meningkatkan kualitas ilmu sebagai pemimpin, meningkatkan manajemen lingkungan sekolah dan situasi kondisi.
 
Ini perlu dilakukan karena kepala sekolah berhadapan langsung dengan siswa dan orangtua dengan berbagai macam karakter, ujarnya.
 
Dengan kompetensi berhadapan dengan siswa dan orang tua, maka kepala sekolah tidak akan menghadapi persoalan yang akan menghambat kepala sekolah untuk berkreasi dan berinovasi.

Baca juga: Kemendikbudristek jajaki kerja sama program pendidikan dengan Rusia
 
"Yang ada justru kita lihat siswa yang lebih kreatif dan berkembang jauh dibanding kepala sekolah," kata Aries.
 
Aries juga meminta sekolah untuk berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan Jatim melalui cabang dinas pendidikan wilayah jika ada yang kurang dan butuh perhatian sangat serius.
 
Mengingat saat ini, Dinas Pendidikan Jatim sedang mencoba merekapitulasi mana saja kebutuhan yang paling perlu direalisasi.
 
"Masing-masing cabang dinas juga perlu melihat situasi kondisi dan memperhatikan masukan kepala sekolah. Bukan membebani sekolah, melainkan turun membantu sekolah sehingga menjadi perhatian kita semua. Ini Upaya pemerataan layanan Pendidikan di Jawa Timur," katanya.

Baca juga: Pengamat: Setop sebarkan identitas anak pelaku perundungan di Cilacap

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023