Pemprov Riau terus berupaya bersinergi dengan berbagai perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan peran dan kontribusi mereka dalam membangun daerah itu
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah menyalurkan Rp57.257.000.000 beasiswa untuk mahasiswa berasal dari enam universitas di Riau tahun pendidikan 2023 guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah itu.

"Keenam perguruan tinggi yang menerima beasiswa tersebut adalah Universitas Riau sebesar Rp20.871.950.000, Universitas Lancang Kuning sebesar Rp9.847.000.000, Universitas Muhammadiyah Riau sebesar Rp8.761.000.000, dan Politeknik Center Riau sebesar Rp5.128.000.000 kemudian Universitas Islam Riau (UIR) sebesar Rp11.957.000.000," kata Gubernur Riau Syamsuar di Pekanbaru, Jumat.

Baca juga: Pemkab Banjar- Baznas salurkan beasiswa bagi warga ke Timur Tengah

Menurut Syamsuar, beasiswa diberikan sebagai upaya Pemprov Riau untuk memajukan pendidikan terutama mendukung minat melanjutkan pendidikan dari mahasiswa berasal dari kalangan keluarga tidak mampu.

Pemprov Riau, katanya, terus berupaya bersinergi dengan berbagai perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan peran dan kontribusi mereka dalam membangun daerah itu.

"Akan tetapi Riau masih menghadapi berbagai tantangan dan persaingan maka harus diciptakan SDM yang berkelas. SDM penting untuk dipersiapkan, cerdas intelektual, cerdas emosional dan cerdas spiritual. Dengan begitu dengan adanya pemberian beasiswa ini dapat membantu meningkatkan pendidikan dan mewujudkan SDM yang unggul," ujarnya .

Selain itu, katanya lagi, jika SDM Riau banyak yang melanjutkan pendidikan tinggi maka diyakini indeks pembangunan manusia (IPM) akan makin meningkat.

Baca juga: Lima mahasiswa Poliban raih beasiswa ke Asia dan Eropa

Berdasarkan data DKI Jakarta menempati pertingkat pertama dengan skor IPM sebesar 81,65 poin pada tahun 2022, disusul DI Yogyakarta, Kalimnatan Timur, dan Kepulauan Riau dengan skor IPM masing-masing senilai 80,64 poin dan 76,46 poin sedangkan IPM Riau tahun 2022 sebesar 73,52 poin.

Sementara itu, menurut Syamsuar, pemberian beasiswa merupakan salah satu solusi memutus mata rantai kemiskinan. Beasiswa adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia unggul yang pada akhirnya berkontribusi terhadap menurunkan angka kemiskinan sehingga kemakmuran rakyat terwujud.

Baca juga: Rektor ULM: Program beasiswa IBFL yang terbaik

Pewarta: Frislidia
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023