POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN), SIPP, Antrean, dan Web Skrinning
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bersama Pemerintah Kota Banda Aceh meluncurkan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa dalam upaya meningkatkan kualitas layanan Kesehatan.

“Peluncuran loket pelayanan informasi ini merupakan bagian untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit sehingga kualitas layanan lebih baik lagi di masa mendatang,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh Neni Fajar di Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela peluncuran Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa yang dilakukan langsung Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin.

Ia menjelaskan dengan hadirnya loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) bisa berdampak terhadap peningkatan yang signifikan terhadap mutu layanan dan kepuasan peserta.

“Kami juga meminta kepada seluruh pihak dapat bersinergi demi menciptakan pelayanan kesehatan yang berdampak positif terhadap perlindungan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia dan Banda Aceh khususnya,” katanya.

Menurut dia salah satu wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan adalah dengan penyediaan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Petugas rumah sakit yang ditunjuk akan bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP)," katanya.

POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN), SIPP, Antrean, dan Web Skrinning yang dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat.

POROS BPJS Kesehatan dapat diakses oleh peserta JKN yang sedang mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan melalui x-banner atau poster yang tersedia di area pendaftaran maupun pelayanan.

Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin menyampaikan apresiasi atas hadirnya Pojok Informasi yang nantinya dapat menjadi sarana efektif untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, terutama terkait pelayanan kesehatan yang tersedia di RSUD Meuraxa.

“Kami berharap dengan adanya Pojok Informasi ini, masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan seperti jadwal dokter, layanan kesehatan yang tersedia dan informasi penting lainnya,” katanya..

“Kesehatan masyarakat adalah salah satu prioritas utama Pemerintah Kota Banda Aceh saat ini. Kita berkomitmen untuk terus meningkatkan akses dan pelayanan kesehatan bagi seluruh warga Kota Banda Aceh,” katanya.
Baca juga: Raih sertifikasi syariah, RSUD Meuraxa Aceh siap jadi RS pendidikan
Baca juga: BPJS Kesehatan luncurkan layanan syariah JKN-KIS di Aceh
Baca juga: BPJS: Layanan kesehatan peserta JKN-KIS tetap prima selama Lebaran


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023