Langkah program kakao menuju agro forestry mulai dilakukan untuk memastikan agar aspek sosial dan lingkungannya terjaga
Jakarta (ANTARA) - PT J Resources Bolaang Mongondow (JRBM), perusahaan pertambangan dari grup J Resources Asia Pasifik Tbk, meraih penghargaan Subroto 2023 kategori PPM (Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat) Terinovatif Komoditas Mineral Logam melalui program pemberdayaan petani kakao.

Ajang penghargaan Soebroto 2023 digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jakarta, Jumat (29/9/2023) malam.

Presiden Direktur JRBM Anang Rizkani Noor dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu, mengatakan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara ini, mulai menginisiasi program penanaman dan pembinaan petani kakao pada 2019.

Berawal dari 22 orang petani di dua desa, hingga saat ini telah berkembang menjadi 120 orang petani binaan di akhir 2022. Program ini juga menarik minat sekitar seratus petani swadaya di sekitarnya.

Selain dukungan bibit, pupuk serta alat pertanian, bagian terpenting dari program ini adalah pembinaan, pengawasan setiap hari secara bergiliran yang dilakukan oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Selain hal teknis, motivasi juga diberikan dalam kunjungan pembinaan.

Usaha menjaga keberlanjutan mulai dilakukan melalui penggunaan pupuk organik yaitu dengan memanfaatkan sabut kelapa, kulit kakao, batang pisang, enceng gondok dan beberapa bahan alam lainnya yang mudah diperoleh petani dan belum dimanfaatkan.

"Keberlanjutan yang menjadi isu penting dunia juga menjadi perhatian kami. Langkah program kakao menuju agro forestry mulai dilakukan untuk memastikan agar aspek sosial dan lingkungannya terjaga," ujar Anang yang juga Chief Sustainability Officer PT J Resources Nusantara (JRN).

Pada saat yang sama, JRBM juga menerima penghargaan dari Kementerian ESDM dalam dua kategori yaitu Penghargaan Utama untuk Aspek Pengelolaan Lingkungan Pertambangan dan Penghargaan Pratama untuk Aspek Keselamatan Pertambangan. Penghargaan Good Mining Practice dari Kementerian ESDM pernah pula didapatkan JRBM pada 2020. Pencapaian ini melengkapi komitmen perusahaan menjaga sumber daya alam secara baik dan berkelanjutan.

Penghargaan Subroto diadakan dalam rangka menyambut Hari Pertambangan dan Energi Ke-78 dan juga sebagai bentuk penghormatan terhadap Profesor Subroto, Menteri ESDM tahun 1978-1988. Penghargaan Subroto adalah penghargaan tertinggi bagi insan yang telah memajukan sektor energi dan sumber daya mineral di Indonesia dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam sambutannya mengatakan Penghargaan Subroto adalah apresiasi Kementerian ESDM kepada para pemangku kepentingan di sektor ESDM yang memiliki kinerja terbaik.

Baca juga: KemenESDM kembali gelar penganugerahan Penghargaan Subroto
Baca juga: Jajaran pemenang Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi 2023 telah terpilih
Baca juga: J Resources panen kakao program pemberdayaan warga lingkar tambang

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023