peringatan ini akan lebih memperkuat semangat kebersamaan
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan nilai-nilai luhur yang terdapat dalam ideologi Pancasila dapat memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata kata Dhany saat memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Tanah Abang, Gambir, Minggu.

Upacara yang dihadiri oleh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Jakarta Pusat tersebut untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang menjadi momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Menurut Dhany, peringatan ini akan lebih memperkuat semangat kebersamaan dan persatuan antarsuku, ras, agama, dan antargolongan bangsa Indonesia.

Adapun tahun ini peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengangkat tema "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju".

Tema ini diumumkan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui surat edaran Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Berdasarkan Surat Edaran Mendikbudristek dengan Nomor 31328/MPK.F/TU.02.03/2023 dalam laman resmi https://www.kemdikbud.go.id/ di Jakarta, Jumat, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim juga mengimbau seluruh pihak untuk mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2023 menjelang Hari Kesaktian Pancasila.

Selain imbauan pengibaran bendera setengah tiang, surat edaran itu mengatur Kepala Daerah/Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), kantor/lembaga yang ada di daerah menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara luring penuh dari kantor masing-masing.
Baca juga: Memosisikan Hari Kesaktian Pancasila
Baca juga: Muhaimin: Pancasila harus jadi bagian denyut nadi anak bangsa
Baca juga: Presiden pimpin Upacara Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023