Jakarta (ANTARA News) - Industri kuliner di Jakarta semakin penuh persaingan di Jakarta sehingga perlu menciptakan keunikannya tersendiri agar bisa memenangi keramaian tersebut, seperti yang dilakukan J House Resto, dengan mengkombinasikan kualitas makanan dan minuman serta memberikan edukasi gratis mengenai proses pembuatan anggur (wine) bagi konsumennya.

Hal itulah yang dilakukan yang memperkenalkan konsep uniknya "Wine Educate" saat meresmikan pembukaan kafenya di Jakarta, Jumat.

"Sudah banyak resto atau bar yang menyajikan makanan dan anggur atau wine. Kelebihan kami adalah memberikan pengetahuan gratis atau mengenalkan konsep `Wine Educate` mengenai proses anggur dan aspek positif dari anggur itu sendiri bagi kesehatan manusia bagi konsumen," kata pimpinan J House Resto & Wine Bar Rommy Rajrandhani.

Restoran yang berlokasi di Jakarta Pusat itu berada di bawah PT Mitra Putera Indonesia yang juga membawahi delapan toko anggur di seluruh Jakarta.

Rommy yang juga menjabat GM di perusahaan tersebut mengatakan, sebagian besar orang masih beranggapan bahwa anggur mengandung alkohol yang dapat merusak kesehatan.

Padahal anggur juga memiliki sisi positif bagi kesehatan manusia, seperti kandungan antioksidan yang berkhasiat membuat orang awet muda.

"Pengetahuan yang benar mengenai wine akan membantu konsumen untuk memilih jenis dan kualitas anggur yang betul-betul menyehatkan tubuh saja," kata Rommy lagi.

Ia pun menjelaskan bahwa pengetahuan tentang anggur yang ditawarkan pihaknya adalah mengenai proses pembuatan anggur di dunia mulai dari pemilihan buah anggur, proses fermentasi hingga menjadi minuman dan juga proses distribusinya di pasar.

"Kami mengajarkan bagaimana memilih jenis anggur dan kombinasi makan yang sesuai dengan jenis anggurnya. Anggur merah cocok jenis makanan daging, dan anggur putih untuk makanan dari ikan. Bagaimana memegang gelas anggur, mencium aroma anggur dan mengetahui warna anggur yang baik," katanya.

Para pramuniaga yang bekerja di J House juga dibekali pengetahuan mengenai anggur sehingga konsumen tidak perlu kesulitan untuk bertanya ataupun malu untuk sekedar mengetahui makanan dan jenis anggur yang sesuai untuk makanan atau untuk kesehatan.

Restoran tersebut memiliki "lounge" yang cukup besar itu di dinding bar juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang menjelaskan rangkaian proses pembuatan anggur hingga bisa diminun konsumen.

Selain itu, ada juga kursus singkat bagi pencinta anggur di Jakarta untuk sekedar mengetahui seluk beluk anggur, ataupun di tingkat mahir mengenaipembuatan anggur itu sendiri.
(B011/S025)

Pewarta: Benny S Butarbutar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013