Kegiatan yang berlangsung dari 20-22 September 2023 lalu, tercatat jumlah pendonor sebanyak 3.456 orang dan mengumpulkan total 2.520 kantong darah
Makassar (ANTARA) - Rangkaian momen HUT ke-2 PT Pelindo setelah merger diwarnai dengan penerimaan penghargaan Rekor MURI dengan donor darah terbanyak di pelabuhan.

"Rangkaian peringatan Hari Pelindo 2023 semakin lengkap dengan raihan Rekor MURI 'Donor Darah di Pelabuhan Terbanyak'," kata Direktur Operasional MURI , Yusuf Ngadri dalam keterangan persnya di Makassar, Senin.

Penyerahan Rekor MURI dilakukan Yusuf kepada Komisaris Utama Pelindo, Agus Suhartono pada puncak peringatan HUT Pelindo.

Sementara itu Direktur Utama Pelindo Arif mengatakan, hal yang istimewa di HUT Pelindo awal Oktober 2023 ini, Pelindo meraih rekor MURI atas kegiatan donor darah secara seri di Pelabuhan terbanyak yang dilakukan oleh Pelindo Group berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia di 37 Pelabuhan seluruh Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung dari 20-22 September 2023 lalu, tercatat jumlah pendonor sebanyak 3.456 orang dan mengumpulkan total 2.520 kantong darah.

Baca juga: Donor darah Kodim Kubar kumpulkan 27 kantong darah

Gelaran Hari Pelindo 2023 yang mengusung tagline 'Pelindo Melaju, Indonesia Maju' ini dibuka secara langsung oleh Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono bersama Komisaris Utama Pelindo Agus Suhartono, Asisten Deputi Bidang TJSL KemenBUMN, Edi Eko Cahyono dan Asisten Deputi Bidang Jasa Logistik, Desty Arlaini.

Acara diawali dengan kegiatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dan dilanjutkan jalan sehat sepanjang kurang lebih 3 kilometer yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir.

Dalam sambutannya Arif mengungkapkan, 1 Oktober menjadi hari paling istimewa bagi insan Pelindo sebagai momentum untuk apresiasi sekaligus refleksi atas pencapaian dan perjalanan yang telah dilalui Perseroan pasca penggabungan pada 1 Oktober 2021 lalu.

Berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka menyambut 2 tahun penggabungan Pelindo, yang tidak hanya melibatkan keluarga besar Pelindo, tetapi juga masyarakat luas dan para pemangku kepentingan.

Baca juga: Remaja masjid Bangka sumbangkan 41 kantong darah

Selain donor darah, sebut saja Pelindo Run and Ride yang diikuti 26.721 orang, Pelindo Mengajar di 28 SMA, penanaman 20.000 batang pohon di wilayah ring satu, Pelindo Voice of Customer dan Pelindo Voice of Stakeholder.

Selain itu, terdapat pula kegiatan Bazaar UMKM, pemberian Bantuan Kulkas Bank Darah kepada PMI, Program Beasiswa Image Pelindo, serta sejumlah perlombaan seperti Pelabuhan Indonesia Award, Pelindo Essay Writing Competiition, Pelindo E-Talks, Pelindo Forum dan Pelindo League.

"Tentunya pencapaian Pelindo tak lepas dari dukungan, kolaborasi, sinergi, dan komunikasi luar biasa selama ini, yang telah dijalin semua pihak, baik kementerian, lembaga dengan Pelindo Group," kata Arif.

Diakui masih banyak tugas yang harus dilakukan, jangan terlena dengan prestasi, tapi justru prestasi digunakan sebagai penyemangat.

Pada era yang semakin terbuka ini Pelindo harus menjadi lebih baik lagi, terus bertransformasi dan turut berperan dalam pengembangan kesejahteraan masyarakat dan UMKM.

Baca juga: Pelindo Pontianak gelar donor darah untuk selamatkan kehidupan

Suasana foto bersama setelah serah terima penghargaan Rekor MURI untuk pendonor terbanyak di pelabuhan di jajaran PT Pelindo. Antara/ HO-Pelindo Reg 4

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023