Jakarta (ANTARA) -
Mengenakan sepatu hak tinggi memang mempercantik penampilan, namun itu bukanlah sepatu yang nyaman dipakai.
 
Dilaporkan laman Livestrong, Minggu (1/10) waktu setempat, berikut tips memilih sepatu hak tinggi agar tetap nyaman dipakai.
 
1. Kenakan sepatu hak rendah
 
Sepatu hak tinggi yang lebih dari 2 inci atau 5 cm memberikan tekanan paling besar pada tubuh Anda.
Jika harus memakai sepatu hak, pilihlah yang lebih rendah untuk mengurangi efek samping tersebut.
 
2. Pilih jari kaki terbuka atau jari kaki lebar
 
Menjejalkan kaki Anda ke dalam stiletto yang runcing dan sempit dapat memperburuk rasa sakit dan kerusakan. Sebaiknya, pilihlah sepatu yang berujung terbuka atau memiliki ujung kotak yang lebar.
 
Platform, wedges, atau sepatu bot koboi akan memberi Anda tinggi badan tetapi memiliki alas yang lebih lebar untuk berjalan,” kata ahli kaki Dr. Mark Mendeszoon.
 
Meskipun demikian, American Podiatric Medical Assocoation (APMA) menunjukkan bahwa platform dan wedges masih dapat mengganggu keseimbangan Anda, sehingga berpotensi menyebabkan pergelangan kaki terguling dan terjatuh. Jadi pilihlah sepasang sepatu dengan hak lebih rendah dan tali di pergelangan kaki.
 
3. Tambahkan bantalan
 
Pastikan tumit Anda memiliki bantalan di bagian depan, yang memberikan tekanan paling besar pada jari kaki. Tempelkan bantalan ke bagian bawah kaki Anda untuk tambahan, Anda juga dapat menemukannya di banyak toko obat dan toko sepatu.
 
4. Kenakan sepatu hak seperlunya
 
“Jika Anda akan mengenakan sepatu hak tinggi, gunakanlah seperlunya, bergantian dengan gaya lain,” kata Dr. Mendeszoon.
 
Misalnya, coba kenakan hanya saat berdandan. Anda juga dapat memasukkan sepatu hak tinggi ke dalam tas dan mengenakan sepatu kets untuk perjalanan Anda, lalu mengganti sepatu hak tinggi setelah Anda tiba di tujuan.
 
5. Hindari sepatu hak peep toe
 
Sepatu hak tinggi yang menampilkan sedikit jari kaki di depan (peep toe) bersifat buruk untuk kesehatan jari kaki. APMA mengatakan hal tersebut dapat menyebabkan jari-jari kaki Anda tumpang tindih dan mungkin menekan tepi kuku kaki Anda ke dalam kulit, sehingga meningkatkan risiko kuku tumbuh ke dalam.
 
6. Temukan sepatu hak yang disetujui oleh ahli kaki podiatris
 
Sepatu hak tinggi apa pun yang telah menerima APMA Seal of Approval, akan menjadi pilihan nyaman untuk berdiri dan berjalan sepanjang hari.
 
Disamping itu, ahli penyakit kaki dr. Mark Mendeszoon mengatakan sepatu hak tinggi memiliki efek buruk pada kaki manusia.

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023