Fairfield, Amerika Serikat (ANTARA News) - Satu kereta komuter dari arah timur dari kota New York tergelincir dekat kota Fairfield, Connecticut, pada jam sibuk Jumat waktu AS, kemudian bertabrakan dengan komuter dari arah barat sehingga melukai sekitar 60 orang yang tiga diantaranya kritis.

Tabrakan dua kereta komuter Metro North ini membuat operator kereta Amtrak menghentikan rute layanan New York-Boston. Tiga orang terluka parah dan 60 lainnya diangkut ke rumah sakit terdekat.

"Kecelakaan ini benar-benar telah merontokkan sejumlah mobil," kata Gubernur Connecticut Dannel Malloy dalam jumpa pers seperti dikutip Reuters, seraya mengatakan bagian depan dan roda mobil-mobil itu rusak hancur.

Kecelakaan ini terjadi setelah pukul 6 sore Jumat waktu AS timur atau Minggu pagi pukul 5 WIB.

"Tiba-tiba kereta terguncang seperti ada yang membenturnya," kata penumpang bernama Rowana Shepherd kepada televisi CBS.  "Sekompartemen penuh dari kereta yang satunya lagi robek. Seluruh sisinya hilang dan orang-orang tergeletak diantara dua kereta."

Kereta ke arah timur menuju New Haven, Connecticut, ketika tergelincir dan menabrak kereta dari barat ke arah Grand Central Station New York, kata Aaron Donovan, juru bicara Otoritas Transportasi Metropolitan (MTA), yang mengoperasikan jalan kereta api komuter.

"Kepala kedua kereta, ujung depan dari kedua kereta, bertabrakan dan rusak parah," kata Donovan seperti dikutip Reuters.

Metro North adalah jalur komuter yang melayani kota-kota sebelah utara kota New York.  Jalur ini dioperasikan MTA yang adalah badan di Negara Bagian New York. Fairfield terletak sekitar 80 km utara kota New York. 

Jumlah korban terluka bisa saja naik karena para pejabat rumah sakit diminta bersiap menerima lebih dari 180 pasien. Kereta Metro North bisa mengangkut 300 penumpang dalam kapasitas maksimum.

33 orang diangkut ke Pusat Kesehatan St. Vincent dan 27 lainnya ke Rumah Sakit Bridgeport.  RS ini merawat dua pasian yang kondisinya kritis, sedangkan pasien-pasien lainnya menjalani rawat jalan, kata juru bicara rumah sakit ini, Anita Shrum.

Seorang pasien mengalami luka serius pada kepala dan leher dirawat di Pusat Kesehatan St. Vincent, sedangkan lainnya hanya luka ringan, kata juru bicara St. Vincent, Dianne Auger.

Kerugian akibat tabrakan kereta ini belum diketahui.  Dewan Keamanan Transportasi Nasional telah mengirimkan tim penyelidik ke Connecticut.

Malloy mengatakan tabrakan ini berdampak besar kepada koridor vital kereta yang menghubungkan Boston dan New York City, sedangkan Stasiun Westport dan Fairfield ditutup. Layanan Amtrak setidaknya ditutup sampai akhir pekan ini, untuk memberi para pekerja kesempatan untuk memperbaiki kerusakan.

Malloy memastikan kecelakaan yang tengah diselidiki para penyelidik ini adalah murni kecelakaan biasa.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013