Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) kembali meluncurkan kegiatan rutin pameran komoditas unggulan bertajuk Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa.

“Kami dewan pengurus Apkasi berharap kegiatan AOE 2024 yang hari ini kita luncurkan, benar-benar dapat diikuti oleh segenap anggota dan dijadikan sebagai peluang dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah masing,” kata Ketua Bidang Politik dan Keamanan Apkasi, Joune J.E. Ganda dalam keterangan resmi yang diterima Selasa.

Direktur Eksekutif Apkasi sekaligus Ketua Pelaksana AOE 2024 Sarman Simanjorang menjelaskan pameran akan digelar pada 10-12 Juli 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center atau JCC, Senayan, Jakarta Pusat dengan mengusung tema “Meningkatkan Daya Saing Daerah Menuju Indonesia Emas 2045”.

Menurut Sarman ajang AOE 2024, yang merupakan kali ke-19 penyelenggaraannya, merupakan wadah dan momentum yang tepat untuk melanjutkan pemulihan ekonomi daerah di berbagai sektor, terutama di sektor perdagangan, pariwisata dan ekonomi kreatif serta investasi.

"Tentunya, pemerintah daerah dan stakeholder lain harus memanfaatkan momentum ini sebaik-baiknya, mengingat permintaan ekspor komoditi pertanian dan perkebunan, seperti kopi, coklat, karet, rempah-rempah, jagung, kelapa, sayuran dan buah-buahan mulai kembali menggeliat. Peluang ini harus segera ditangkap oleh pemerintah daerah," katanya.

Sarman menambahkan sektor pariwisata pun mulai menggeliat dengan dibukanya kembali tempat-tempat wisata di Indonesia. Selain itu, para investor mulai melirik daerah untuk menanamkan investasinya di berbagai sektor.

Melalui kegiatan promosi yang bertajuk AOE 2024 Trade, Tourism & Investment, Apkasi mencoba memfasilitasi daerah memanfaatkan berbagai momentum dalam membangkitkan dan memulihkan perekonomian daerah.

Sarman menjelaskan Apkasi siap memfasilitasi para konsumen dan investor potensial melalui kerjasama dengan Kementerian Perdagangan serta melibatkan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) yang ada di luar Negeri

"Untuk itu kami berharap seluruh anggota Apkasi dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Pulau Rote dapat berpartisipasi menjadi peserta AOE 2024 mendatang," ujarnya.

Sementara itu Project Manager AOE 2024, Syaifuddin Chaidir menerangkan antusiasme pemerintah kabupaten untuk ikut serta di AOE 2024 cukup tinggi dimana sebanyak 146 dari total 363 stand sudah terpesan atau sebanyak 42 persen kuota sudah terisi.

"Kami memprioritaskan pemerintah kabupaten yang belum ikut untuk segera memesan gerai  agar bisa memilih tempat-tempat yang strategis,” kata Syaifuddin.

Dia menambahkan, selain ajang pameran, pada AOE 2024 turut diselenggarakan berbagai side event di antaranya; Business Matching, Workshop, Fashion Show Wastra Nusantara, Apkasi Jurnalistik Award dan Pertunjukan Seni Budaya.

Baca juga: Pemkab Bogor raih peringkat satu "fashion show" Apkasi Expo 2023

Baca juga: Apkasi finalisasi terbentuknya forum perdagangan antardaerah

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023