Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mengajak para produsen untuk bisa merebut peluang masuk pengadaan barang dan jasa (PBJ) pemerintah lewat gelaran Apkasi Procurement Network 2023: Expo & Forum (APN 2023).
 
Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang mengatakan APN 2023 mengusung tema "Produk Indonesia Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri" yang selaras dengan harapan Presiden Joko Widodo agar Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) lebih mengutamakan penggunaan produk-produk dalam negeri.
 
"Dalam kerangka inilah, penyelenggaraan APN 2023, Apkasi berharap, pertama, para end user di lingkungan pemerintahan dapat melihat secara langsung berbagai produk-produk Indonesia yang merupakan solusi kebutuhan di pemerintah daerah," katanya dalam keterangan di Jakarta, Rabu.
 
APN 2023 mengusung konsep mempertemukan produsen barang dan jasa dengan pengguna anggaran atau end user.
 
Sarman mengatakan pemerintah daerah didorong berbelanja melalui mekanisme e-Katalog dalam kegiatan PBJP karena platform tersebut membuat proses lebih cepat, terukur dan transparan.
 
Ia juga berharap pemerintah daerah, khususnya pejabat kegiatan PBJP dapat mengenal lebih dekat para produsennya.
 
"Bisa konsultasi dulu, bertanya mengenai spesifikasi barang atau jasa yang diperlukan sehingga saat belanja mereka sudah yakin dengan apa yang akan dibeli," ujar Sarman.
 
APN 2023 akan diisi dengan serangkaian forum di mana produsen diberikan panggung untuk menjelaskan lebih detil mengenai barang atau jasa yang dipamerkan kepada para end user pengguna anggaran.
 
Apkasi juga memfasilitasi sebanyak 416 anggota pemerintah kabupaten di seluruh Indonesia untuk bisa lebih dekat dengan para penyedia barang dan jasa.
 
"Jika selama ini mereka hanya melihat produknya melalui etalase e-Katalog saja, kini mereka bisa bertemu dan berinteraksi langsung," katanya.
 
Adapun sasaran utama pengunjung adalah para end user atau pengguna anggaran, jadi bukan masyarakat umum. Pasalnya, para end user inilah yang mengetahui anggaran di daerahnya dan akan dibelanjakan ke mana sesuai dengan kebutuhan di lingkungan pemerintah daerah masing-masing.
 
"Kita akan undang para organisasi perangkat daerah, termasuk rumah sakit daerah, puskesmas serta dinas-dinas lainnya," tuturnya.
 
Kegiatan APN 2023, lanjut Sarman, telah mendapat dukungan dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Kadin Indonesia.
 
Project Manager APN 2023 Syaifuddin Kay menambahkan akan banyak ragam kegiatan di ajang APN 2023. Selain kegiatan expo, APN 2023 akan dimeriahkan dengan kegiatan talkshow, forum dan business matching yang untuk tahun ini akan lebih diprioritaskan untuk sektor alat-alat kesehatan.
 
APN 2023 merupakan salah satu program kerja unggulan Apkasi yang tahun ini digelar untuk keempat kalinya. Kegiatan APN 2023 akan dilaksanakan pada 27-28 November 2023 bertempat di Hall A Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Baca juga: Kadin-Apkasi gelar IIWTT Forum hadirkan solusi pengelolaan sampah
Baca juga: Apkasi luncurkan AOE 2024 promosikan komoditas unggulan daerah
Baca juga: Apkasi: Lake Toba Fashion Week ajang promosikan kain khas Sumut

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023