Anda tidak disiplin. Saya saja melantik Anda berkaca dulu
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegur keras beberapa aparatur sipil negara (ASN) karena tidak disiplin dalam mengenakan kemeja putih saat pelantikan ratusan pejabat Eselon IV dan Eselon III di lingkungan pemerintah provinsi itu. 

"Saya dari sini melihat ada ketidakseragaman. Anda tidak disiplin. Saya saja, melantik Anda berkaca dulu," kata Heru saat melantik 309 Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, Selasa.

Para ASN yang tidak mengenakan kemeja putih pada hari pelantikan itu, kata Heru menunjukkan sikap tidak disiplin.

Sambil menatap ke arah beberapa ASN yang tidak mengenakan kemeja putih saat proses pelantikan, Heru meminta para ASN yang tidak mengenakan kemeja putih untuk mengangkat tangan.
 
"Baru berpakaian saja tidak sesuai dengan aturan. Saya minta BKD (Badan Kepegawaian Daerah) panggil yang tidak pakai baju putih hari ini," ucap Heru.

Baca juga: Pemprov DKI awasi kerja dari rumah ASN lewat rekam presensi sore
 
Heru menegaskan jangan sampai ada kejadian serupa saat pelantikan-pelantikan selanjutnya.

Heru meminta protokol dapat menyeleksi dan mengeluarkan ASN yang tidak disiplin dan tidak sesuai undangan.

Pelayanan publik
Ia juga menegaskan agar mereka dapat mempertahankan dan menjaga kedisiplinan ataupun integritas ASN dalam memberikan pelayanan publik.

"Hari ini Anda dilantik menjadi Eselon IV dan Eselon III. Pertahankan kedisiplinan, langsung bekerja untuk masyarakat. Pelayanan publik harus tetap berjalan, sehingga adaptasi di lingkungan baru juga perlu dilakukan segera setelah Anda dilantik," katanya.
 
Heru juga mengatakan, para pejabat yang baru dilantik dapat terus menjaga integritas ASN dengan mengutamakan transparansi dan memastikan tidak ada celah untuk praktik korupsi di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: ASN Jaktim tandatangani pakta integritas jaga netralitas Pemilu 2024
 
Selain itu, Heru juga mengingatkan agar netralitas ASN dapat terus dijaga menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Saya berharap seluruh ASN dapat menjalankan tugasnya dengan optimal dan tanggung jawab terhadap tugasnya dalam melayani masyarakat. Kemudian, ketahui aturan jelang Pemilu, jaga netralitas ASN," ujar Heru.
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat melantik Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemprov DKI Jakarta di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2023). ANTARA/Siti Nurhaliza

Adapun Pejabat Administrator dan Pengawas yang dilantik, yaitu 292 orang dilantik menjadi Pengawas (Eselon IV) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta, delapan orang dilantik menjadi Administrator (Eselon III) di Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Pusat dan sembilan orang dilantik menjadi Administrator (Eselon III) di Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Pelantikan tersebut dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, yaitu persetujuan Menteri Dalam Negeri dan pertimbangan teknis Kepala Badan Kepegawaian Negara.

Baca juga: Pemprov DKI perkuat netralitas ASN pada Pemilu 2024

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023