Jakarta (ANTARA News) - Gol terlambat Gareth Bale tidak cukup bagi Tottenham Hotspurs untuk meraih tiket Liga Champions saat mereka menjamu Sunderland di White Hart Lane, Minggu malam (WIB).

Hotspurs hanya meraih peringkat lima klasemen karena saingan terdekatnya, Arsenal, unggul satu poin dengan 73 setelah menang 1-0 atas Newcastle di St James' Park.

Tottenham yang lebih banyak menyerang, sempat berharap unggul lebih dulu menit 20 ketika Bale yang berlari membawa bola dihimpit pemain belakang Sunderland dan jatuh. Tapi pendukung tuan rumah kecewa, Bale justru dapat kartu kuning karena dianggap diving.

Hotspur kembali menciptakan peluang bagus empat menit kemudian, namun tendangan keras Tom Huddlestone masih bisa dihadang kiper Sunderland Simon Mignolet.

Sunderland kemudian membalas dengan serangan balik, Connor Wickham melayangkan tembakan keras, beruntung Hugo Lloris masih bisa membendung upaya tuan rumah.

Pada menit 35 peluang kembali datang untuk Tottenham, assist Drogba kepada Bale tidak disia-siakannya, namun Jack Colback yang ada di depannya berhasil memblok. Tidak ada peluit dari wasit meskipun Colback memblok dengan tangannya.

Tottenham kian frustasi setelah tendangan bebas Bale menit 38 masih bisa dipatahkan Mignolet, termasuk ketika Bale gagal menjangkau bola dari pemain belakang Sunderland yang bermaksud melakukan penyelamatan.

Sampai pertandingan babak pertama usai, kedudukan masih tetap 0-0.

Pada paruh waktu kedua pertandingan, tuan rumah Tottenham tetap mendominasi penyerangan, tapi hingga menit 73 upaya Bale, Drogba dan kawan-kawan tidak juga membuahkan hasil. Andre Villas-Boas pun kemudian menarik keluar Dempsey digantikan Jermain Defoe pada menit 74.

Hasil imbang membuat permainan kian keras. David Vaughan yang menerima ganjaran, ia harus keluar lapangan setelah dua kali melanggar hanya dalam beberapa detik. Sunderland dipaksa harus bermain dengan 10 orang.

Tanpa kenal lelah, penyerang andalan Hostpur, Bale, gencar menyerang pertahanan Sunderland hingga Mikael Mandron pun harus mendapatkan kartu kuning setelah menjatuhkannya.

Upaya keras Bale baru membuahkan hasil pada menit 90 melalui tendangan dari luar kotak penalti, memanfaatkan umpan Aaron Lennon. 1-0 untuk Hotspur.

Gol terlambat Bale itu belum cukup membawa Hotspur meraih tiket Liga Champions musim depan, namun bagaimanapun hasil musim ini bersama Villas-Boas bukanlah hasil buruk. 

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013