Penghargaan ini wujud apresiasi Kementerian ESDM kepada perusahaan yang telah berhasil mencapai jam kerja aman dan senantiasa menerapkan sistem manajemen keselamatan kerja
Jakarta (ANTARA) - PT PGN Tbk, selaku Subholding Gas PT Pertamina (Persero), meraih 14 penghargaan Keselamatan Migas 2023 karena dinilai berhasil menjaga jam kerja aman dan mengutamakan keselamatan kerja.

"Penghargaan ini wujud apresiasi Kementerian ESDM kepada perusahaan yang telah berhasil mencapai jam kerja aman dan senantiasa menerapkan sistem manajemen keselamatan kerja," kata Direktur Infrastruktur Teknologi PGN Achmad Muchtasyar dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Penghargaan Keselamatan Migas 2023 yang terdiri atas Patra Nirbhaya untuk perusahaan dengan jam kerja aman dan Patra Karya untuk perusahaan dengan aspek keselamatan yang baik itu diserahkan Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji di Jakarta, Selasa (3/10).

Achmad menyampaikan selain PGN, anak perusahaan PGN Group juga berkontribusi pada jumlah penghargaan yang diraih.

"Ke-14 penghargaan ini merupakan bentuk komitmen dan sinergi PGN Group sebagai Subholding Gas Pertamina untuk selalu menjaga keamanan tanpa kehilangan jam kerja akibat kecelakaan serta mengutamakan keselamatan kerja," ujarnya.

Penghargaan yang diraih PGN Group untuk Patra Karya adalah Patra Karya Raksa Tama oleh PT Pertamina Gas Technical Management serta Patra Karya Raksa Madya oleh PT Transportasi Gas Indonesia, Sales and Operation (SOR) II PGN, dan PT Kalimantan Jawa Gas.

Selanjutnya, untuk penghargaan Patra Nirbhaya yakni Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha III diraih SOR II PGN karena mencapai 44 juta jam kerja aman (JKA) pada periode 8 Maret 2009-30 April 2023.

Selain itu, PT Transportasi Gas Indonesia, PT Pertamina Gas Technical Management, dan PT Kalimantan Jawa Gas, juga meraih penghargaan Patra Nirbhaya Karya Adinugraha.

Untuk Patra Nirbhaya Karya Utama diraih Saka Indonesia Pangkah Ltd, Operation and Maintenance Management (OMM) PGN, dan PT Perta Daya Gas.

Sedangkan, Saka Energi Muriah Ltd, PT Perta-Samtan Gas, dan PT PGN LNG Indonesia meraih penghargaan Patra Nirbhaya Karya Pratama.

Tercatat, JKA kumulatif yang dijaga Subholding Gas Pertamina hingga Agustus 2023 mencapai 467 juta jam tanpa kehilangan jam kerja akibat kecelakaan.

"Seluruh Perwira Subholding Gas memiliki peran penting hingga diraihnya penghargaan ini, dan kami akan terus berupaya mempertahankan apa yang telah kami capai, menjaga jam kerja aman, serta menerapkan sistem manajemen keselamatan kerja, di seluruh wilayah operasi PGN Group," ucap Achmad.

Baca juga: PGN bersama empat KKKS tingkatkan ketahanan pasokan gas bumi nasional

Baca juga: PGN-National Energy Solutions kerja sama LNG di Berau dan Sumenep

Baca juga: PGN Subholding Gas Pertamina raih penghargaan Padmamitra Award

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023