Surabaya (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyebut penyelenggaraan "Jatim Fest 2023" memberi penguatan terhadap pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM).

"Perekonomian kita dominan ditopang oleh UMKM. Berkat itulah Jatim mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi di angka 5,34 persen pada 2022. Lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang tercatat sebesar 5,17 persen," katanya saat membuka Jatim Fest di Surabaya, Rabu.

Jatim Fest bertema "Jatim Bangkit Terus Melaju" digelar selama lima hari di Surabaya, 4 - 8 Oktober 2023. Kegiatan ini mengusung slogan "Pesta Belanja, Hiburan dan Rekreasi Rakyat".

Penyelenggaraan Jatim Fest sebelumnya dikenal dengan nama Jatim Fair, yang telah rutin digelar dalam rangkaian peringatan hari jadi provinsi setempat sejak tahun 2010.

Baca juga: Pemprov Jatim menggelar pesta belanja dan rekreasi rakyat

Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke- 13. Pergantian nama menjadi Jatim Fest dalam rangkaian peringatan hari jadi provinsi setempat ke-78 diharapkan dapat memberikan perspektif dan semangat baru.

Saat membuka Jatim Fest, Wagub Emil memaparkan agar UMKM di Jatim bisa semakin maju tidak bisa hanya dilakukan dari sisi pemerintah provinsi semata.

"Seluruh pemangku kepentingan harus bersama-sama memberikan dukungan yang komprehensif dan sinergis. Istilahnya harus bersama-sama untuk mengembangkan potensi UMKM dalam roda perekonomian Jatim," ujarnya.

Emil juga berharap agar masyarakat memanfaatkan sebaik mungkin beragam acara pengembangan kualitas diri dan bisnis, mulai dari sharing session, seminar, workshop, forum bisnis dan lain sebagainya, yang diselenggarakan selama Jatim Fest berlangsung.

Jatim Fest diikuti sebanyak 88 peserta dengan total 190 stan yang terdiri dari satu kementerian, 28 organisasi perangkat daerah (OPD) provinsi, 10 Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/ Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)/Lembaga Tinggi Negara, 12 pemerintah kabupaten/kota, lima Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan 32 pihak swasta.

Kegiatannya meliputi pameran layanan publik dan berbagai produk dari berbagai bidang usaha, serta konser musik.

Baca juga: Kadin gelar Jatim Halal Fest 2023 percepat pengembangan industri

 

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nasrullah
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023