Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, berharap kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah yang baru menjabat di provinsi tersebut dapat terus bersinergi dengan pemerintah setempat dalam mewujudkan penegakan hukum dan perlindungan hak asasi manusia.
 
"Saya berharap momentum ini akan menjadi awal yang baik dalam kolaborasi untuk penegakan hukum dan perlindungan hak asasi manusia," kata dia, saat pisah sambut kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis.

Baca juga: Wapres sampaikan tiga pesan kembangkan potensi syariah di daerah
 
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah resmi berganti dari Budi A Situngkir kepada Hermansyah Siregar yang semula adalah kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi pada Sekretariat Jenderal di Jakarta.
 
Mastura berharap Siregar bisa beradaptasi dengan wilayah Sulawesi Tengah serta dapat berjalan dengan mudah dan lancar dalam mengawali tugas negara di Negeri Seribu Megalith.

Baca juga: BP2P Sulawesi II pacu penyelesaian rumah penyintas bencana Sulteng
 
Ia juga meminta agar hal-hal positif yang telah dibangun oleh pejabat sebelumnya, hendaknya dapat terus dirawat dan dilanjutkan. "Sulawesi Tengah memiliki banyak tantangan di bidang hukum dan hak asasi manusia, namun kami yakin dengan kinerja dan kapasitas yang saudara tunjukkan dalam memimpin Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah akan menjadi prestasi dan kebanggaan bagi institusi dan daerah," ujar dia.
 
Ia juga berharap Situngkir yang mendapatkan tugas sebagai kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau agar komunikasi dan silaturahmi dengan elemen pemerintahan dan masyarakat Sulawesi Tengah tetap terjaga dan tidak putus begitu saja.

Baca juga: Bea Cukai Pantoloan Palu musnahkan 358 ribu batang rokok ilegal
 
Sementara itu Siregar mengatakan siap mendukung dan bersinergi untuk menjalankan program-program strategis pemerintah daerah. "Kami memiliki empat divisi yakni Divisi Keimigrasian, Divisi Pemasyarakatan, Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Divisi Administrasi yang semua ini memiliki peran strategis dalam mendukung program-program pemerintah," katanya.
 
Adapun Situngkir menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari gubernur Sulawesi Tengah dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan yang telah bersinergi dan mendukung dari kinerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah selama dia bertugas.

Baca juga: Kejati Sulteng selamatkan uang negara Rp201,7 miliar penegakan hukum
 
"Saya juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kemenkumham Sulteng atas dukungan selama bertugas sekitar satu setengah tahun. Dan, mohon maaf apabila ada pelayanan saya yang kurang baik di Sulawesi Tengah," kata dia.
 

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023