Jakarta (Antara) - Barang-barang kerajinan Indonesia, khususnya dari Bali, dipamerkan di Festival Asia yang diselenggarakan oleh Greater Dallas Asian American Chamber of Commerce di taman kota Dallas, Texas, Amerika Serikat (AS).

"Kerajinan Indonesia sangat disukai orang Amerika disini. Lebih 50 persen pembeli adalah orang Amerika yang pernah berkunjung ke Indonesia," kata Made Sumringah, diaspora Indonesia yang tinggal di AS, saat berbincang-bincang dengan Konsul Jenderal RI di Houston, Al Busyra Basnur yang mengunjungi gerainya akhir pekan lalu di Dallas.

Pagi sampai sore Sabtu (18/5), Made Jaya dan isterinya sangat sibuk melayani pembeli yang cukup ramai di gerai dagangannya. Sekali-sekali ke duanya melap keringat yang meleleh akibat panas terik mendera kota Dallas sampai 93 derajat Fahrenheit, atau sekitar 34 derajat Celcius.

"Mereka sudah tahu bahwa kerajinan Indonesia itu bagus, antik dan cantik," tambah Made.

Lebih lanjut Made mengatakan bahwa ia menjual barang-barang kerajinan Indonesia di berbagai tempat di Texas dan beberapa wilayah AS lainnya. Ia sendiri memiliki gudang penyimpanan barang kerajinan Indonesia di Dallas.

Made yang berkuliah dan bermukim di AS sejak awal tahun 2000, secara rutin mendatangkan barang-barang kerajinan Indonesia ke Dallas dengan kontainer dalam jumlah yang cukup banyak.

Selain gerai kerajinan Indonesia, masyarakat Indonesia yang tergabung dalam Kerukunan Masyarakat Indonesia (KMI) di Dallas dan Fort Worth juga menampilkan Tari Lenggang Lenggok Jakarta dan Tari Kipas dalam festival Asia tersebut.

Tarian itu dibawakan oleh dewasa, anak-anak dan remaja diaspora Indonesia. Donny Tigor Hardono, Ketua KMI Dallas dan Fort Worth mengatakan bahwa masyarakat diaspora Indonesia di Dallas selalu memanfaatkan setiap kesempatan untuk mempromosikan Indonesia, termasuk seni dan budaya dilingkungan masyarakat Dallas, Fort Worth dan sekitarnya.

"Festival Asia ini sangat strategis untuk memperkenalkan Indonesia di Amerika Serikat, khususnya di Dallas," kata Donny.

Sementara itu, Irma Kusuma, salah seorang Indonesia yang menjadi manager penyelenggara mengatakan bahwa Festival Asia itu merupakan yang terbesar dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Festival ini dihadiri sekitar 15.000-20.000 pengunjung, tidak hanya dari Dallas, juga dari kota-kota lain di Texas," kata Irma.

Festival Asia di Dallas itu diikuti oleh lebih dari 20 perwakilan masyarakat negara Asia yang masing-masing menampilkan pertunjukan seni budaya dan kuliner masing-masing negara.***3***

(Tz.F001)

(T.F001/C/S004/S004) 20-05-2013 16:29:55

Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2013