Jakarta (ANTARA) - Penasihat Khusus Hak Disabilitas Internasional Amerika Serikat Sara Minkara akan menghadiri Forum Tingkat Tinggi ASEAN tentang Penyandang Disabilitas, atau ASEAN High Level Forum (AHLF) on Disability-Inclusive Development and Partnership Beyond 2025 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Berdasarkan keterangan Departemen Luar Negeri AS yang diperoleh ANTARA Jakarta, Kamis (5/10), kantor juru bicaranya menyebutkan bahwa Minkara melakukan perjalanan ke Jakarta dan Makassar pada 4 -11 Oktober untuk menghadiri forum yang digelar Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tersebut.

Selain AHLF, Minkara juga akan menghadiri Dialog Tingkat Tinggi pertama ASEAN-AS tentang Hak-Hak Penyandang Disabilitas.

Selama kunjungan, dia juga akan bertemu dengan sejumlah pejabat pemerintah, otoritas daerah dan kota, organisasi nonpemerintah setempat, aktivis disabilitas para pemimpin bisnis dan pemuka agama, serta pemangku kepentingan lainnya.

Pertemuan itu dilakukan untuk mendorong pemberdayaan sosial dan ekonomi secara penuh serta inklusi bagi penyandang disabilitas.
Baca juga: Mensos bersiap pimpin Forum ASEAN untuk Penyandang Disabilitas

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini pada Selasa (26/9) mengatakan dirinya tengah memimpin persiapan AHLF yang akan diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 10-12 Oktober 2023.

"Kita sedang proses membuat akses yang mudah bagi penyandang disabilitas di beberapa tempat. Ini untuk menunjukkan bahwa Makassar adalah civilized society yang menghormati hak-hak penyandang disabilitas,” katanya.

Mensos mengatakan forum tersebut digelar untuk menunjukkan semangat keberpihakan negara-negara ASEAN kepada penyandang disabilitas.

Baca juga: Mensos rancang program untuk disabilitas di forum Disabilitas ASEAN
Baca juga: Kemensos siap pamerkan 590 kursi roda canggih di ASEAN Forum

Pewarta: Katriana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023