"Karena dengan aksi menanam akan menjaga, membantu dan memastikan ketersediaan air di Kota Jayapura tetap terjaga,"
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota Jayapura, Papua menanam 1.500 bibit pohon di kawasan Taman Pemakaman Umum Bumi Perkemahan (Buper) Waena, Distrik Heram.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Jumat mengatakan kawasan TPU tersebut akan terus ditata sehingga ke depan menjadi daerah yang nyaman dan juga rindang.

"Dengan menanam pohon di area TPU baik Muslim maupun Kristen ini akan menjadikan kawasan itu sebagai tempat wisata," katanya.

Menurut Pekey, pemerintah daerah setempat akan terus melakukan aksi penanaman pohon di berbagai tempat khususnya pada lahan yang tandus atau daerah pemukiman.

"Karena dengan aksi menanam akan menjaga, membantu dan memastikan ketersediaan air di Kota Jayapura tetap terjaga," ujarnya.

Dia menjelaskan aksi yang dilakukan saat ini merupakan langkah awal pihaknya untuk menghijaukan lahan pada TPU Buper yang tandus.

Dia menambahkan pihaknya mengajak semua pihak untuk bersama-sama memiliki rasa tanggung jawab dalam melindungi dan melestarikan lingkungan sekitar.

"Jadikan Kota Jayapura sebagai rumah bersama untuk itu kami minta semua komponen masyarakat bisa merawat rumah ini dengan menjaga lingkungan dan alamnya," katanya lagi.

Penanaman 1.500 bibit pohon tersebut diinisiasi oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR) Kota Jayapura bersama instansi terkait.

Kepala Dinas PUPR Kota Jayapura Nofdi Rampi mengatakan tujuan utama aksi penanaman pohon tersebut ialah untuk menghijaukan TPU Buper Waena.

"Karena kondisi tanah di TPU ini cepat mengalami abrasi dan erosi saat terjadinya hujan sehingga diharapkan dengan adanya penanaman pohon bisa menahan abrasi," katanya.

Dia menambahkan pohon yang ditanam meliputi 230 bibit pohon cemara, jati putih 300 bibit dan 350 bibit asam jawa, 300 bibit pohon kayu besi, 300 bibit pohon tanjung dan 100 bibit pohon salam.
Baca juga: Polres Jayapura tanam 500 bibit cabai di Distrik Kaureh
Baca juga: Pemkot Jayapura tanam padi jenis Inpari IR Zinc di Distrik Muara Tami
Baca juga: Pemkot Jayapura tanam mangrove jelang Hari Lingkungan Hidup Sedunia

​​​​​

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023