Dengan semakin berkembangnya teknologi, dokter gigi juga harus berkolaborasi dengan sektor industri untuk mengembangkan produk inovasi
Banda Aceh (ANTARA) - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Syiah Kuala (USK) membangun kolaborasi dengan dunia industri dalam upaya meningkatkan pengetahuan teknologi di bidang kedokteran,

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan teknologi pada bidang kedokteran gigi yang fokus pada pengembangan inovasi terkini, dalam farmasi gigi dan teknologi terkini di bidang kedokteran gigi,” kata Ketua Panitia forum Aceh International Dental Meeting (AIDeM) Dr drg. Liza Meutia Sari di Banda Aceh, Jumat.

Baca juga: Kemenkes survei Unpatti untuk pendirian Prodi Kedokteran Gigi

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut untuk memfasilitasi publikasi ilmiah bereputasi internasional scopus untuk para peserta dan AIDeM juga menjadi forum yang efektif untuk membangun semangat kolaborasi antara akademisi, peneliti serta dunia industri untuk mendukung pengembangan teknologi kedokteran gigi bagi kemanusiaan.

Forum ilmiah skala internasional yang dilaksanakan Fakultas Kedokteran Gigi dan dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik USK Prof. Dr. Ir. Agussabti dihadiri 91 dokter gigi, 17 sarjana FKG dan 88 peserta.

Dekan FKG USK Dr. drg. Cut Soraya mengatakan kegiatan tersebut menjadi momentum yang baik bagi para dosen, dokter gigi serta peneliti untuk meningkatkan keilmuannya.

Baca juga: Departemen ilmu konservasi gigi FKG UI gelar bakti sosial 

“Dengan semakin berkembangnya teknologi, dokter gigi juga harus berkolaborasi dengan sektor industri untuk mengembangkan produk inovasi, khususnya di bidang kedokteran gigi,” katanya.

Wakil Rektor Bidang Akademik USK Prof. Dr. Ir. Agussabti menyambut baik pelaksanaan forum ilmiah seperti AIDeM karena mampu mendorong peningkatan teknologi dan inovasi kedokteran gigi, serta semangat kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Kolaborasi seperti ini tentu saja sangat penting, dalam mendukung kualitas kesehatan gigi di masyarakat. Kami berharap forum ini mampu melahirkan inovasi baru di bidang kedokteran gigi,” katanya.

Baca juga: Tim dosen FKG USK edukasi kesehatan mulut anak-anak pemulung

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023