Jakarta (ANTARA) - Satria Muda Pertamina Jakarta keluar sebagai juara pada IBL 3x3 seri Yogyakarta usai membungkam Pelita Jaya Bakrie Jakarta dengan skor 21-10, pada laga final yang digelar di Ambarukmo Plaza, Minggu (8/10) malam.

Satria Muda keluar sebagai juara di seri terakhir dari rangkaian empat seri penyisihan. Selanjutnya akan ada delapan tim yang akan bertanding di Final Series dari hasil empat seri penyisihan yang telah digelar.

Laman resmi IBL menyebutkan, Satria Muda yang keluar sebagai juara IBL 3x3 seri Yogyakarta membuatnya berada di peringkat pertama untuk klasemen IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023.

Sementara Pelita Jaya yang kalah di final kali ini, tetap masuk babak delapan besar dan berkesempatan tampil di Final Series di Solo, pada 21-22 Oktober mendatang.

Dalam jalannya pertandingan, Satria Muda memetik kemenangan dengan cukup mudah lantaran Pelita Jaya hanya bermain dengan tiga orang saja tanpa ada pemain pengganti.

Tak butuh waktu lama bagi Satria Muda untuk memenangkan laga final. Sebab, mereka sudah unggul 4-0 di awal setelah Anthoni Erga memasukkan dua kali tembakan dua angka beruntun. Kemudian Sandy Ibrahim menambah satu angka dengan layup yang membuat skor 5-0. Pelita Jaya baru membalas dengan tembakan jarak jauh dari Hardian Wicaksono.

Penurunan fisik Pelita Jaya membuat pertahanan mereka di luar busur melemah dan membuat para pemainnya hanya bermain di dalam saja. Sementara Avan Seputra semakin leluasa melakukan tembakan dua angka, karena tidak ada pemain Pelita Jaya yang mengejarnya. Dalam waktu tiga menit, Satria Muda sudah unggul 10-3.

Sisa waktu di papan skor menunjukkan 4 menit 47 detik saat Ali Bagir memasukkan satu angka, yang sekaligus menjadi poin ke-21 bagi Satria Muda. Ini artinya pertandingan dimenangkan oleh Satria Muda dengan skor 21-10. Ini menjadi pertandingan tercepat yang diselesaikan oleh Satria Muda di seri Jogja, dan sekaligus mengunci gelar juara di seri kali ini.

Baca juga: Empat tim legenadris akan beradu di IBL 3x3 Seri Kedua
Baca juga: Kompetisi IBL 3x3 akan digelar di lima kota


Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023