Kendari (ANTARA) - Kepala Polres Kolaka, AKBP Yosa Hadi, meminta kepada seluruh personel jajaran untuk terus aktif dan netral dalam menghadapi pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara.

AKBP Yosa saat dihubungi Senin, mengatakan bahwa pihaknya telah menggelar latihan praoperasi Mantap Brata Anoa 2023-2024 untuk menyukseskan pengamanan Pemilu di wilayah hukum Polres Kolaka, Sulawesi Tenggarapada Senin (9/10). "Kegiatan ini dilakukan untuk menyukseskan jalannya Pemilu serentak 2024 mendatang," kata dia.

Baca juga: Pakar UGM: Polisi virtual harus netral dan objektif

Ia menyebutkan, dalam kegiatan tersebut, terdapat beberapa hal yang ditekankan kepada personel jajaran Polres Kolaka agar bersama-sama dapat menyukseskan pesta demokrasi yang akan digelar di seluruh Indonesia.

"Diharapkan dalam pelaksanaan tugas pengamanan Pemilu 2024, Polres Kolaka bisa menjadi peredam atau pendingin pada setiap permasalahan yang terjadi," ujar dia.

Ia juga meminta pada personel agar tetap netral dan tidak memihak ataupun memberikan kepada pihak tertentu. "Agar semua personel Polres Kolaka tetap netral," tegasnya.

Baca juga: Pangdam Sriwijaya: Tidak ada daerah rawan konflik pilkada di Sumsel

Ia juga menyampaikan bahwa setiap personel di wilayah hukum Polres Kolaka agar dapat memahami tugas dan tanggungjawab masing-masing dalam pengamanan Pemilu."Bersinergi dan meningkatkan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan dalam upaya menyukseskan penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 mendatang," jelasnya.

Mantan kepala Polres Kolaka Utara itu juga mengungkapkan bahwa seluruh personel agar melaksanakan kegiatan pengamanan secara maksimal agar terciptanya Kamtibmas yang kondusif dalam setiap tahapan Pemilu.

Baca juga: Kepala Polres Rejang Lebong minta anggotanya jaga netralitas

"Serta menjalin komunikasi yang baik dan penggalangan terhadap tokoh agama, tokoh adat, masyarakat, tokoh pemuda, tokoh politik, dan para simpatisan dari partai politik," sebutnya.

Ia juga meminta kepada personel untuk melakukan pemetaan dan mendeteksi secara akurat terhadap potensi-potensi kerawanan yang ada di wilayah hukum Polres Kolaka. "Hal itu sebagai acuan dalam mengambil langkah-langkah kepolisian guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Kolaka," tambah dia.

Baca juga: Polisi tidak netral di Pilkada dipecat

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023