Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA dan berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.
 
1. PKB nonaktifkan Edward Tannur dari Komisi IV DPR RI
 
Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara resmi menonaktifkan anggota DPR Fraksi PKB Edward Tannur dari keanggotaannya di Komisi IV DPR RI, menyusul kasus penganiayaan oleh anaknya, Gregorius Ronald Tannur (GRT), terhadap Dini Sera Afrianti (DSA).
 
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB Hasanuddin Wahid mengatakan Edward dinonaktifkan agar dapat fokus pada penyelesaian masalah penganiayaan berujung kematian yang dilakukan anaknya terhadap sang kekasih.
 
"Kami dari DPP PKB memutuskan sejak malam ini (Minggu, 8 Oktober) untuk menonaktifkan saudara Edward Tannur dari semua tugasnya di komisi," kata Hasanuddin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.
Selengkapnya baca di sini
 
2. Presiden pimpin upacara Parade Senja di Kementerian Pertahanan
 
Presiden Joko Widodo memimpin upacara Parade Senja dan penurunan bendera Merah Putih di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin.
 
Upacara itu bagian dari rangkaian hari ulang tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia. Ia tiba di tempat acara sekitar pukul 18.10 WIB, dan disambut Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.
 
Upacara dimulai dengan laporan komandan upacara kepada Jokowi selaku inspektur upacara, yang selanjutnya memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk menghormati para pejuang bangsa dan para pahlawan yang telah gugur.
 
Selengkapnya baca di sini
 
3. Wapres kunjungi tiga provinsi di Papua
 
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin bertolak menuju tiga provinsi di Tanah Papua untuk memastikan percepatan pembangunan kesejahteraan bagi masyarakat di wilayah setempat.
 
Sekretariat Wakil Presiden di Makassar, Senin, menginformasikan Wapres selaku Ketua Badan Pengarah Percepatan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) didampingi Wury Ma’ruf Amin akan mengunjungi Provinsi Papua, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Selatan pada 9--13 Oktober 2023.
 
Pada kunjungan kali ini Wapres akan memastikan percepatan pembangunan otonomi khusus Papua tetap dalam komitmen perlindungan hak asasi manusia, khususnya bagi orang asli Papua.
 
Selengkapnya baca di sini
 
4. Ganjar bahas pengembangan pendidikan di Ponpes Al-Jauhariyah
 
Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo membahas pengembangan pendidikan untuk pondok pesantren (ponpes), saat mengunjungi Ponpes Al-Jauhariyah Balerante, Cirebon, Jawa Barat, Minggu.
 
“Bertemu dengan para santri dengan para kiai, bicara banyak hal, bagaimana mengembangkan pesantren, sekolah dan fasilitas termasuk tadi bagaimana kita berdiskusi soal meningkatkan para santri,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis di Jakarta.
 
Menurut dia, berbicara mengenai ilmu agama pastinya para santri sudah menguasainya. Akan tetapi, untuk dari segi keterampilan, bisa dibilang para santri masih membutuhkan hal itu, karena fasilitas di ponpes belum merata.
 
Selengkapnya baca di sini
 
5. 21 delegasi AIS Forum tiba di Bali
 
Sebanyak 21 pemimpin delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AIS Forum 2023 tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, untuk menghadiri pertemuan pertama negara pulau dan kepulauan di dunia di Nusa Dua, Kabupaten Badung, 10—11 Oktober 2023
 
"Ada 33 delegasi dan empat organisasi internasional," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong di sela AIS Forum di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin.
 
Usman Kansong menjelaskan kedatangan 21 pemimpin delegasi itu mendarat dengan periode waktu (slot) tiba pukul 10.00 hingga 23.55 WITA.
 
Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023