Jayapura (ANTARA) - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengakui sebagian warga Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan masih mengungsi akibat adanya gangguan KKB.

Memang benar sejumlah wilayah di Kabupaten Nduga dilaporkan kosong karena warganya mengungsi sejumlah wilayah diantaranya Wamena dan Timika.

Namun belum dapat dipastikan berapa banyak warga yang sudah mengungsi, kata Mayjen TNI Izak Pangemanan kepada ANTARA, Selasa.

Diakui, dari laporan yang diterima terungkap sejumlah wilayah di Kabupaten Nduga memang sudah kosong akibat warganya mengungsi karena takut dengan aksi kekerasan yang dilakukan KKB.

Wilayah yang warganya sudah mengungsi yakni di Mapnduma, Mugi, Paro dan Yal, sedangkan kampung yang warganya sudah kembali yaitu Dal, Mbua, dan Yigi walaupun belum semua kembali.

Karena itu pihaknya berharap agar KKB segera membebaskan pilot yang hingga kini masih disandera kelompok Egianus Kogoya dan jangan lagi mengganggu sehingga pembangunan dapat kembali dilaksanakan dan warga kembali ke kampung halamannya.

"Masyarakat ingin kembali ke kampung halaman namun takut dengan KKB, " kata Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan.

KKB pimpinan Egi anus Kogoya menawan pilot Philip Mark Mehrtens disandera sejak tanggal 7 Pebruari lalu di Paro.

Selain itu KKB juga membakar pesawat milik Susi Air yang dikemudikannya.

Baca juga: Pangdam: Tiga senpi diamankan dari KKB milik TNI

Baca juga: 28 TPS di Papua Pegunungan berada di sekitar lokasi KKB

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023