pelaku UMKM membutuhkan bantuan modal yang lebih besar
Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) mencatat sejak tahun 2021 hingga 30 September 2023, sudah 1.100 pelaku UMKM yang telah memanfaatkan program pinjaman bunga nol persen.

"Rinciannya, 142 UMKM pada tahun 2021, 613 UMKM tahun 2022, dan 345 UMKM tahun 2023," kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad di Tanjungpinang, Selasa.

Sementara jumlah plafon kredit yang terserap, kata Ansar, sudah mencapai Rp20,72 miliar dengan total margin subsidi yang telah ditanggung Pemprov Kepri mencapai Rp1,94 miliar.

Adapun 1.100 UMKM yang telah memanfaatkan program ini tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Kepri. Jumlah terbesar berasal dari Kabupaten Natuna sebanyak 349 UMKM dengan plafon pinjaman mencapai Rp6,64 miliar, Kota Tanjungpinang sebanyak 259 UMKM dengan plafon Rp4,94 miliar, Kabupaten Karimun sebanyak 169 UMKM dengan plafon Rp3,18 miliar.

Lalu, Kota Batam sebanyak 124 UMKM dengan plafon Rp2,26 miliar, Kabupaten Lingga sebanyak 92 UMKM dengan plafon Ro1,66 miliar, Kabupaten Bintan sebanyak 64 UMKM dengan plafon Rp1,25 miliar dan terakhir Kabupaten Kepulauan Anambas sebanyak 43 UMKM dengan plafon Rp808 juta.

"Namun dibandingkan jumlah UMKM Kepri yang secara keseluruhan sekitar 164 ribu. UMKM yang telah memanfaatkan program ini hanya sebagian kecil saja, yaitu 0,7 persen," ungkap Ansar.

Baca juga: Dirut BRI sebut kredit mikro bunga nol persen tidak rugikan bank
Baca juga: Kadin sambut baik bunga kredit nol persen yang diusulkan Erick Thohir


Untuk itu, sosialisasi rutin melalui media sosial dan situs resmi Pemprov Kepri terus ditingkatkan agar masyarakat lebih mengetahui program pinjaman bunga nol tersebut. Bahkan pada setiap kunjungan kerja ke kabupaten/kota se-Kepri, Gubernur Ansar selalu menyosialisasikan program ini.

Ansar turut mengimbau warga bisa bertanya ke Cabang Bank Riau Kepri Syariah (BRKS) terdekat atau Dinas Koperasi UMKM, baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi agar pemanfaatan program ini ke ke depan makin maksimal.

Untuk tahun 2024 mendatang, lanjut Ansar, Pelaku UMKM di Kepri kembali dapat memanfaatkan program bantuan pinjaman bunga nol persen dengan plafon maksimal mencapai Rp40 juta rupiah.

Angka ini naik 100 persen dibandingkan maksimal pinjaman sejak kebijakan ini digulirkan di tahun 2021, yakni Rp20 juta.

Kebijakan menaikkan plafon pinjaman ini berdasarkan beberapa pertimbangan, salah satunya mendengarkan aspirasi dan masukan dari para pelaku UMKM di Kepri.

"Pelaku UMKM membutuhkan bantuan modal yang lebih besar, sebab di angka sebelumnya terasa kurang maksimal. Sementara tawaran dari bank-bank lain, plafon pinjamannya bisa lebih tinggi meski dengan bunga," ucap Ansar.

Baca juga: Ketua MPR dukung rencana bunga pinjaman nol persen bagi UMKM
Baca juga: Erick berharap usulan bunga nol persen usaha mikro tuntas satu bulan
Baca juga: BI dan Menteri BUMN bahas bunga pinjaman nol persen bagi ultra mikro

​​​​​​

Pewarta: Ogen
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023