Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa ekonomi diberitakan Kantor Berita ANTARA pada Selasa (10/10/2023) kemarin, mulai dari langkah Bulog untuk menstabilkan harga beras hingga pemerintah serap dana Rp5 triliun dari lelang enam seri SBSN.

Berikut rangkuman berita ekonomi kemarin yang layak disimak pada Rabu pagi ini.

1. Bulog siap menstabilkan harga dengan tambahan penugasan impor

Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal memastikan bahwa Bulog siap menerima tambahan kuota penugasan impor dari Pemerintah untuk memperkuat Cadangan Beras Pemerintah (CBP) guna menstabilkan harga beras di pasaran.

Selengkapnya di sini

2. KKP siapkan teknologi digital dalam pengelolaan ruang laut

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan perangkat berbasis teknologi digital sebagai instrumen pengelolaan ruang laut yang kuat dan handal, yaitu Ocean Big Data dan Ocean Accounting.

Selengkapnya di sini

3. Kemenkeu: Tujuan pajak karbon untuk perubahan perilaku masyarakat

Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Adi Budiarso mengatakan salah satu tujuan pajak karbon adalah untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat terhadap pengurangan emisi karbon.

Selengkapnya di sini

4. Bappenas: Perbaikan logistik jadi agenda dalam transformasi ekonomi RI

Direktur Perdagangan, Investasi, dan Kerja Sama Ekonomi Internasional Bappenas Laksmi Kusumawati menyampaikan bahwa perbaikan sistem logistik nasional menjadi salah satu agenda dalam transformasi ekonomi untuk membawa Indonesia keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah (middle-income trap).

Selengkapnya di sini

5. Pemerintah serap dana Rp5 triliun dari lelang enam seri SBSN

Pemerintah menyerap dana sebesar Rp5 triliun dari lelang enam seri Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk negara pada 10 Oktober 2023. Dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjelaskan total penawaran yang masuk pada lelang kali ini adalah Rp10,75 triliun.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023