Jakarta (ANTARA) - Tarian Tor-Tor yang disajikan dengan meminta partisipasi penonton (flashmob) menggoyang ribuan pengunjung Outdoor Festival Indonesia 2023 yang digelar KJRI Melbourne di Victoria, Australia pada Minggu (8/10).

“Penyelenggaraan Festival Indonesia (FI 2023) memasuki tahun kesepuluh dan tahun kedua pascapandemi COVID-19. Kesuksesan FI 2023 hari ini menjadi bukti nyata ketahanan dan gotong royong komunitas Indonesia Melbourne dalam menghadapi tantangan yang ada,” kata Konjen RI untuk Melbourne Kuncoro Waseso dalam pernyataan tertulis KJRI Melbourne yang diterima di Jakarta, Rabu

Kuncoro juga menyanjung seluruh komunitas yang terlibat menyukseskan acara Outdoor FI 2023, yang berlangsung di taman Argyle Square di jantung kota Melbourne dan dihadiri 5.000 lebih pengunjung tersebut.

“Secara khusus, saya apresiasi Ketua Panitia FI 2023 Ibu Celly Goeltom dan seluruh panitia yang terlibat dalam acara ini. Terima kasih banyak atas dedikasinya,” kata Kuncoro. Tokoh pemengaruh (influencer) asal Melbourne, Tanya Husnu, mengaku senang dengan acara tersebut. "Flashmob Tor-tor sangat seru. Angklung workshop juga menyenangkan. Senang rasanya melihat keluarga saya bisa berpartisipasi pada acara kebudayaan seperti ini," katanya.


Sementara itu, Will Roberts, warga Brunswick, menyampaikan hal serupa. “Suasana dan vibe kali ini sangat Indonesia dan mengingatkan saya dengan kenangan waktu tinggal di Yogyakarta dulu,” katanya.

Pada Festival tersebut tersedia sejumlah kios produk Indonesia seperti makanan, barang, sponsor dan komunitas.

Acara Outdoor Festival Indonesia 2023 merupakan bagian dari rangkaian Festival Indonesia 2023 yang diselenggarakan pada 6-8 Oktober 2023 di Melbourne, Victoria.

Festival Indonesia 2023 juga mengadakan Business Forum dengan tema Starting the Conversation on Indonesia’s Sustainable Economy dan Indonesian Night yang mengusung tema "Stunning Indonesia: The Story of Our Capitals" pada 6 Oktober di State Library, Melbourne. Festival Indonesia 2023 diselenggarakan oleh Festival Indonesia Incorporated bekerja sama dengan KJRI di Melbourne dan didukung komunitas Indonesia di Melbourne.

Festival tersebut juga didukung Atase Perdagangan RI di Canberra, Garuda Indonesia, Xendit, IIPC Sydney, Kabo Lawyers, Batik Air, Integrity Lawyers, Indomie serta Indonesian Culinary Asssociation in Victoria (ICAV).

Baca juga: KJRI Melbourne adakan acara kebudayaan "Indonesian Night"
Baca juga: KJRI Melbourne gelar "ASEAN Day" untuk rayakan keragaman budaya

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023