Pelaku UMKM di sektor kuliner juga bisa memanfaatkan dengan menjual produk di saat pertandingan, ini saya kira sangat bagus
Kota Bandung (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKopUKM) Teten Masduki mengapresiasi Persib Bandung yang memberi ruang bagi para pelaku UMKM fesyen untuk mengembangkan berbagai produknya.

“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Persib yang sudah memberikan ruang bagi para pelaku UMKM untuk menjadi supplier ya bagi Persib untuk beberapa produk,” kata Teten saat berkunjung ke Graha Persib Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Menurut Teten, kolaborasi Persib dengan melibatkan UMKM, merupakan sebuah nilai positif. Karena tim berjuluk Pangeran Biru tersebut mempunyai nilai jual yang tinggi yang akan membuat keuntungan tersendiri bagi para pelaku UMKM yang terlibat.

“Sehingga kalau ada kolaborasi produk ini tentu juga akan menguntungkan bagi para pelaku UMKM,” kata dia.

Selain itu, dia juga mengapresiasi keterlibatan para pelaku UMKM kuliner yang menjual produknya setiap pertandingan di kandang Persib guna menguatkan ekonomi UMKM di wilayah sekitar.

Baca juga: Jelang tahun politik, Teten khawatir RUU Perkoperasian tak disahkan

Baca juga: Menkop Teten dukung industri otomotif berdaya saing melalui kemitraan


“Pelaku UMKM di sektor kuliner juga bisa memanfaatkan dengan menjual produk di saat pertandingan, ini saya kira sangat bagus,” katanya.

Teten mengatakan manajemen klub sepak bola perlu mengelola klub secara profesional dan modern, guna mewujudkan industrialisasi sepak bola di Indonesia.

“Karena itu manajemen klub harus dikelola secara profesional, seluruh aspeknya harus bisa menghasilkan nilai ekonomi,” kata Teten.

Dia menambahkan pentingnya mengelola suatu klub untuk dikelola secara profesional. Sebab, saat ini klub-klub sepak bola di Indonesia sudah tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebagai pendapatan mereka.

“Nah karena itu merchandise salah satu sumber dari ekonomi klub, selain pengelolaan manajemen stadion, ya kegiatan usaha di sekitar stadion termasuk juga iklan dan lain sebagainya,” katanya.

Ia berharap semua klub di Indonesia bisa mengikuti pola industrialisasi sepak bola seperti Persib yang telah melibatkan UMKM dalam setiap produknya.

Baca juga: Teten sebut pemerintah siap lindungi ekonomi digital dalam negeri

Baca juga: Teten bangga industri ternak sapi terpadu berdayakan peternak lokal


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023