Geoheritage berbentuk bentang alam yang berpotensi menjadi objek wisata, geo biodiversity dengan adanya flora dan fauna khas di kawasan Dieng
Wonosobo (ANTARA) - Kawasan Dieng di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi geopark nasional, baik dari sisi geoheritage, geo biodiversity, maupun geo culture kata Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar.

"Geoheritage berbentuk bentang alam yang berpotensi menjadi objek wisata, geo biodiversity dengan adanya flora dan fauna khas di kawasan Dieng," katanya di Wonosobo, Rabu.

Kemudian juga geo culture berupa warisan kebudayaan dengan situs peninggalan peradaban yang menjadi keunggulan tersendiri atas kekayaan alam dan budaya.

Baca juga: Pemprov berjuang keras cabut status kartu kuning Geopark Kaldera Toba

Ia menyampaikan hal tersebut saat menyambut rombongan tim penilaian awal (pre-assesment) Geopark Nasional Dieng di Aboretum Taman Rekreasi Kalianget.

Penilaian tersebut merupakan sebuah standarisasi dalam mempersiapkan kematangan Dieng sebagai geopark nasional, di mana berbagai kegiatan telah menyertai prosesnya, mulai dari digelarnya berbagai seminar yang melibatkan pemangku wilayah, pemangku kebijakan, dan stakeholders lainnya.

"Kami menyadari bahwa Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara dalam prosesnya sangat membutuhkan fasilitasi, supervisi, dan asistensi, baik dari pemerintah pusat maupun provinsi. Saya menyambut baik atas kedatangan tim Komite Nasional Geopark Indonesia, dan Dewan Pakar Komite Nasional Geopark Indonesia beserta seluruh rombongan, di Kabupaten Wonosobo," katanya.

Baca juga: Menparekraf: Wisatawan Danau Toba melonjak di tengah peringatan UNESCO

Melalui momentum penilaian ini dia berharap, dapat menghasilkan output yang baik untuk melangkah ke tahap selanjutnya, sekaligus sebagai input bahan berbenah dan meningkatkan performa dalam mengembangkan Dieng sebagai geopark nasional.

General Manager Geopark Dieng Sri Utami menjelaskan, selama tiga hari ke depan akan ada Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) yang akan melakukan penilaian awal sebelum dilakukan proses verifikasi oleh Kementerian ESDM RI pada Januari 2024.

"Penilaian ini merupakan tindak lanjut dari usulan Gubernur Jawa Tengah untuk menaikkan tingkat, yang semula Geopark Dieng menjadi geopark nasional, dan ini sudah berproses melalui komitmen bersama antar Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara sejak 2015, kemudian hasil assesment ini akan ditindaklanjuti oleh Kemenko Maritim dan Investasi sebelum akhirnya ditetapkan sebagai kawasan geopark nasional," katanya. 

Baca juga: Kemensos siapkan Geopark Maros-Pangkep untuk peserta AHLF

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023