Kita fokus ke dua hal, hilirisasi industri dan transformasi digital
Jakarta (ANTARA) - Ekonom senior United Overseas Bank Limited (UOB) Enrico Tanuwidjaja berpendapat hilirisasi industri dan digitalisasi menjadi dua kunci utama yang dapat mengokohkan transformasi berkelanjutan di Indonesia.

“Kita fokus ke dua hal, hilirisasi industri dan transformasi digital. Dengan itu, bukan sesuatu yang tidak mungkin bagi Indonesia untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, berkualitas, dan berkelanjutan,” kata Enrico saat kegiatan UOB Gateway to ASEAN Conference 2023 di Jakarta, Rabu.

Menurut Enrico, potensi pada hilirisasi industri terletak pada sektor mineral dan manufaktur yang memiliki peluang untuk menciptakan lebih banyak nilai tambah. Sementara transformasi digital berpotensi mendorong sektor konsumsi.

Lebih lanjut, Enrico merekomendasikan enam reformasi kunci yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nasional, di antaranya keberlanjutan, konektivitas, serta potensi pasar domestik yang besar.

Kemudian, tiga reformasi kunci lainnya menyasar kelompok UMKM, yakni terkait akses digital, akses kredit, dan integrasi dengan perusahaan besar serta internasional bagi UMKM.

“Enam reformasi kunci itu akan memungkinkan Indonesia mencapai tingkat hasil ekonomi yang lebih tinggi dan juga transformasi yang berkelanjutan,” ujar Enrico.

Selain itu, Enrico juga menilai Indonesia merupakan pintu gerbang yang strategis untuk membuka potensi perekonomian di kawasan ASEAN.

Potensi tersebut disebabkan oleh keunggulan iklim investasi di Tanah air. Indonesia merupakan basis manufaktur alternatif yang kompetitif dan sekaligus memiliki konsumsi dalam negeri yang kuat.

Di sisi lain, UOB Indonesia optimistis pengembangan industri hilir dan transisi menuju perekonomian hijau di Indonesia akan menjadi kunci untuk mendorong pertumbuhan dan menciptakan peluang.

Strategi tersebut dapat membantu meningkatkan nilai tambah perekonomian nasional, mendukung tujuan-tujuan terkait pelestarian lingkungan, serta menciptakan lapangan kerja untuk pertumbuhan jangka panjang.

Baca juga: UOB komitmen ciptakan 1 juta lapangan kerja di kawasan ASEAN
Baca juga: Ekonom: RI jadi pintu gerbang strategis untuk perekonomian ASEAN


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023