Bandung (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mencoba penggunaan kereta cepat WHOOSH dari Jakarta ke Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu petang.

"Kereta cepat ini luar biasa cepat. Sesuai namanya. Whoosh. Tidak berasa, saat mulai dan berhenti, stabil, suara bagus, kualitasnya excellent, toiletnya rapi," kata Airlangga saat tiba di Stasiun Padalarang.

Dia mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan rancangan pengembangan kereta cepat itu dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Arahan Presiden Jokowi, kami lanjut sampai Surabaya," ungkapnya.

Menurut dia, rencana itu telah dirapatkan bersama presiden. Bahkan direncanakan jalur kereta cepat, akan diteruskan menuju Jogyakarta, Solo dan Surabaya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang diberi nama Whoosh sebagai layanan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

"Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim, Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh, saya nyatakan dioperasikan," kata Presiden Jokowi saat peresmian di Stasiun KCJB Halim, Jakarta, Senin (2/10).

Jokowi mengatakan Whoosh adalah singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat.

Baca juga: Menhub: Kereta Cepat Jakarta-Surabaya sudah masuk perencanaan Kemenhub

Baca juga: Kereta Jakarta-Surabaya dinilai berpotensi tingkatkan pariwisata

Pewarta: Fauzi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023