Kita masih menunggu berapa jumlah cadangan resmi yang nanti dikeluarkan oleh ENI maupun pemerintah.
Jakarta (ANTARA) - Penemuan "harta karun" gas sebesar 5 triliun kaki kubik (TCF) di Wilayah Kerja North Ganal, Kalimantan Timur diprediksikan dapat menciptakan dua dampak signifikan bagi Indonesia, yakni memperpanjang usia cadangan gas nasional sekaligus daya tarik investasi sektor minyak dan gas (migas).

Analis Energi Institute for Energy Economic and Financial Analysis (IEEFA) Putra Adhiguna menjelaskan usia cadangan gas Indonesia diproyeksikan hanya mampu bertahan hingga 17 tahun ke depan. Dengan adanya temuan gas 5 TCF yang dilakukan perusahaan raksasa migas Italia, ENI tersebut bakal semakin menambah usia cadangan gas Indonesia.

“Perlu diakui bahwa cadangan gas di Indonesia umurnya tidak begitu lama, ada estimasi yang menunjukkan 17 tahun ke depan. Penemuan ENI tersebut perlu disikapi secara positif, karena relatif dengan jumlah cadangan Indonesia saat ini,” kata dia, dikutip di Jakarta, Kamis.

Perusahaan minyak dan gas bumi asal Italia, ENI, sebelumnya baru saja mengumumkan telah menemukan "harta karun" raksasa di wilayah Kalimantan Timur, yakni cadangan gas yang diperkirakan berpotensi mencapai 5 TCF.

Penemuan cadangan gas signifikan tersebut dari sumur eksplorasi Geng North-1 di Blok North Ganal, sekitar 85 kilometer dari lepas pantai Kalimantan Timur, Indonesia.

Berdasarkan laporan Wood Mackenzie, cadangan gas di North Ganal merupakan penemuan eksplorasi global terbesar pada tahun ini, dengan perkiraan awal lebih dari 700 MMBOE (juta barel ekuivalen minyak), dengan asumsi faktor perolehan gas sebesar 65 persen dan 35 persen berupa kondensat.

Pemerintah Indonesia mendorong peningkatan produksi migas nasional untuk mencapai produksi minyak 1 juta barel per hari (BOPD) serta 12 miliar kaki kubik gas per hari (BSCFD) pada 2030 mendatang.

“Kita masih menunggu berapa jumlah cadangan resmi yang nanti dikeluarkan oleh ENI maupun pemerintah. Ini rasanya sebuah langkah yang baik untuk ke depan,” ujar Putra.

Dia berharap temuan cadangan gas tersebut nantinya dapat dimaksimalkan untuk sektor industri dan ketenagalistrikan di Tanah Air. Saat ini, menurutnya, Indonesia banyak mengembangkan industrial park (kawasan industri), sehingga pemanfaatan gas dapat diberdayakan lebih lanjut dibandingkan penggunaan batu bara.

“Memastikan bahwa penggunaan gas di Indonesia untuk tujuan yang paling efisien dan efektif, mengingat gas akan memainkan peranan penting dalam transisi energi,” katanya lagi.

Mengacu data Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Indonesia masih memiliki 128 cekungan. Dari jumlah tersebut, 20 cekungan sudah berproduksi, 8 cekungan sudah dibor namun belum produksi, 19 cekungan diindikasikan menyimpan hidrokarbon, 13 cekungan dry hole, dan 68 cekungan belum dibor.

Putra optimistis, dengan adanya temuan cadangan gas di North Ganal dan besarnya potensi cekungan yang dimiliki Indonesia, akan meningkatkan kembali investasi eksplorasi gas.

“Jadi bahwa ditemukan cadangan gas itu positif karena menunjukkan bahwa secara geologi itu masih ada. Namun, hal-hal yang selama ini jadi perhatian dari banyak pihak seperti stabilitas peraturan dan sebagainya harus menjadi keseriusan pemerintah,” katanya menegaskan.

Bagi pelaku usaha, investasi di hulu migas membutuhkan rentang waktu 20-30 tahun. Oleh karena itu, keberadaan regulasi sangat dibutuhkan untuk menunjang investasi eksplorasi maupun eksploitasi migas.

“Tanpa adanya regulasi akan sulit untuk bisa melihat stabilitas jangka panjang dalam investasi. Lagi-lagi bicara investasi adalah berbicara rentang waktu 2 sampai 3 dekade,” kata Putra.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto sebelumnya mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi secara intensif dengan ENI untuk membahas tahapan-tahapan selanjutnya agar penemuan raksasa tersebut dapat segera dimonetisasi.

“Penemuan giant discovery gas tersebut akan didorong untuk segera diproduksi, sehingga dapat meningkatkan pasokan gas untuk mendukung pembangunan, termasuk hilirisasi gas yang saat ini tengah didorong oleh Pemerintah,” ujarnya dalam keterangan resmi.
Baca juga: BPMA dan PGE temukan cadangan gas baru di wilayah Arun Aceh Utara
Baca juga: SKK Migas tambah cadangan migas 495 MMBOE hingga Juli 2023

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023