Rencana tersebut dapat memberikan solusi kepada kedaulatan pangan Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan lumbung pangan terintegrasi atau food estate di Merauke, Papua Selatan perlu dijadikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk menjaga ketersediaan pangan.

"Ini sangat dibutuhkan (menjadi KEK) karena tadi yang dikeluhkan masyarakat adalah bahan-bahan pangan yang kita konsumsi," kata Sandiaga, di Jakarta, Kamis.

Sandi mengatakan, Indonesia sangat kaya dengan potensi bahan pangan dan juga kesuburan tanah.

Oleh karena itu, ia mendukung rencana agar food estate Merauke dijadikan KEK guna memastikan ketersediaan pasokan pangan, khususnya di daerah tersebut.

Menurut dia, wilayah Merauke bukan food estate yang baru serta sudah beberapa tahun terakhir ini terus dipersiapkan.

Ia juga memastikan agar rencana tersebut dapat memberikan solusi kepada kedaulatan pangan Indonesia.

"Mungkin yang sekarang harus dilakukan selain ketersediaan pasokan, juga lancarnya rantai distribusi sehingga harga harga bahan pokok ini bisa terjangkau untuk masyarakat, terutama yang berada di strata bawah," ujarnya.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan food estate di Merauke akan menjadi KEK.

"Dibuat KEK nanti di Merauke," kata Airlangga usai rapat soal food estate di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/10).

Airlangga mengatakan KEK Food Estate Merauke akan difokuskan untuk produksi padi dan tebu.

Adapun luas lahan KEK Food Estate Merauke diperkirakan bisa mencapai dua juta hektare, namun pemerintah belum memberikan estimasi mengenai kemampuan total produksi padi dan tebu dari lahan tersebut.

"Kita belum bicara produksi, kita konsentrasi padi dan tebu, kalau food estate kan bisa potensi 2 juta hektare, tapi awalnya 200 ribu hektare dulu," kata Airlangga.

Airlangga tidak merinci besaran anggaran pembangunan proyek.

Namun demikian, dia memastikan pemerintah tak akan hanya mengandalkan APBN untuk proyek yang telah digagas sejak era Presiden ke-2 RI Soeharto itu, melainkan menggunakan skema kerja sama pemerintah dan swasta atau public private partnership (PPP).
Baca juga: Airlangga: 'Food estate' di Merauke akan jadi kawasan ekonomi khusus
Baca juga: Pemerintah tawarkan insentif fiskal bangun KEK "food estate" Merauke

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023