...meningkatkan sinergi, berbagi, serta mengadvoksasi...
Bekasi (ANTARA News) - Sejumlah pengusaha limbah industri di Cikarang, Karawang, dan Tangerang sepakat membentuk asosiasi.

"Asosiasi Pengusaha Limbah Industri Indonesia (Aspelindo) ini dibentuk untuk memperkuat jaringan informasi dan komunikasi para pengusaha limbah industri," ujar salah satu pengurus Asosiasi Pengusaha Limbah Industri Indonesia, Hartono Fadly, di Cikarang, Selasa.

Menurut dia, asosiasi itu akan melakukan agenda awal untuk membina para pengusaha pemula agar bisa eksis dalam dunia usaha perlimbahan yang kreatif dan ramah lingkungan.

"Wadah ini didirikan berdasarkan inisiatif beberapa pengusaha limbah Cikarang, Kabupaten Bekasi dan Karawang, Jawa Barat," katanya.

Menurutnya, rekan seprofesi yang sudah siap mendaftar sebagai anggota Aspelindo lebih dari 70 perusahaan yang berdomisili di Cikarang, Karawang, dan Tangerang.

"Kami akan berupaya meningkatkan sinergi, berbagi, serta mengadvoksasi dengan semua pihak terkait termasuk pemerintah daerah," ujarnya.

Wadah tersebut, kata dia, akan bersinergi dengan semua unsur yang membuat kondisi investasi daerah tetap kondusif.

Menurut dia, upaya advokasi akan dilakukan pihaknya terhadap sejumlah konflik perebutan limbah yang kerap melibatkan sejumlah oknum kelompok masyarakat.

"Posisi kami akan mengedepankan penyelesaian konflik secara kekeluargaan sebelum melalui jalur hukum," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013