Bengkulu (ANTARA) - Ketua KPI Pusat, Ubaidillah, menyatakan, lembaga penyiaran lokal dan komunitas memiliki peranan penting dalam menginformasikan Pemilihan Umum Serentak 2024 agar setiap informasi pemilu tersampaikan dengan baik ke masyarakat.

"Terkait tahapan pemilu harus disampaikan informasinya secara layak dan benar, tentunya lembaga penyiaran baik TV maupun radio, TV dan radio lokal, TV dan radio komunitas semuanya berpartisipasi bersama, agar tahapan Pemilu 2024 terinformasikan dengan baik," kata Ubaidillah, di Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Jumat.

Baca juga: Kemarin, keputusan KPI sampai rapat tim pemenangan

Ia mengatakan lembaga penyiaran mempunyai tanggung jawab memberikan informasi edukasi hiburan dan juga sebagai sarana memperkuat ekonomi lokal, dan peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui lembaga penyiaran, termasuk juga mendistribusikan informasi pemilu dengan baik.

"Semua tahu bahwa sebentar lagi menghadapi Pemilu 2024, siaran-siaran di TV maupun radio perlu banyak memberikan edukasi dan informasi yang jauh lebih dari SARA, hoaks, dan memecah belah bangsa kita," kata dia. 

Baca juga: KPI imbau lembaga penyiaran siarkan konten netral dukung Pemilu Damai

KPI Pusat bersama KPID Bengkulu dan Pemerintah Provinsi Bengkulu pada Jumat 13 Oktober 2023 menggelar Gebyar Literasi Nusantara 2023. Literasi tersebut ditujukan untuk mengedukasi pemilih pemula tentang pentingnya menggunakan hak pilih dan pentingnya mendapatkan informasi yang benar serta akurat terkait penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, menyampaikan Bengkulu mengerahkan seluruh pelajar tingkat SMA dan sebagian pelajar tingkat SMP dalam kegiatan literasi bagi pemilih pemula.

Baca juga: KPI ingatkan lembaga penyiaran tak siarkan tayangan dengan unsur LGBT

Dengan kegiatan Gebyar Literasi Nusantara 2023 diharapkan calon pemilih yang masuk dalam kelompok Generasi Z tersebut mendapatkan wawasan yang komprehensif terkait pemilu dan penyelenggaraan pemilu.

"Makanya (Bengkulu) menggelar literasi bagi pemilih pemula, agar mereka juga terlibat menyukseskan pemilu dengan partisipasi yang tinggi. Jumlah pemilih pemula di Provinsi Bengkulu ini proporsinya tinggi," kata dia.

Baca juga: Gubernur Kepri : Rakornas KPI momen jaga kedaulatan NKRI di perbatasan
 

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023